Bertepatan dengan gelaran Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) yang diinisiasi oleh komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Danone Indonesia meluncurkan seri dongeng edukasi bertajuk Sampahku Tanggung Jawabku (SAMTAKU).

"Kepedulian terhadap masalah lingkungan dan mendorong keterlibatan generasi muda untuk mengambil bagian di dalamnya harus di pupuk sejak usia dini," ujar Penulis Seri Dongeng SAMTAKU sekaligus inisiator gerakan Ayo Dongeng Indonesia Mochamad Ariyo Faridh Zidni dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, untuk memberikan pengertian kepada anak-anak dibutuhkan sarana yang menyenangkan sekaligus mudah dipahami.

"Karena itu kami memilih mengembangkannya melalui metode seri dongeng edukasi yang menarik minat anak-anak untuk lebih mengerti seputar permasalahan sampah," katanya.

Baca juga: Danone Indonesia bangkitkan semangat perempuan bawa perubahan

Baca juga: Berkontribusi penanggulangan COVID-19, Danone Indonesia dapat penghargaan dari Kemenkes RI

Inisiatif ini juga merupakan bentuk dukungan Danone Indonesia dalam menangani permasalahan sampah plastik di lautan yang saat ini juga menjadi bagian dari fokus pemerintah, sebagaimana tercantum dalam Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 untuk memulai Gerakan Indonesia Bersih.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan inisiatif ini merupakan bagian dari visi besar Danone "One Planet One Heath".

"Kami percaya bahwa kesehatan dan lingkungan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan," tutur-nya.

Ke depan, kata dia, inisiatif ini akan menjadi bagian dari edukasi pengelolaan sampah “SAMTAKU” pada level pendidikan anak usia dini (PAUD)

"Sehingga diperlukan juga dukungan dari orang tua dan guru PAUD dalam memperkenalkan dan menceritakan kisah kepahlawanan ini kepada anak-anak dan murid mereka," tambah Vera. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020