Danone Indonesia komitmen membangkitkan semangat perempuan untuk memegang berbagai peran sangat penting dalam masyarakat.

“Tak hanya berperan dalam rumah tangga, namun juga memiliki peran strategis dalam ekonomi keluarga,” ujar Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto dalam keterangannya di Surabaya, Selasa.

Peran perempuan dalam membawa perubahan dalam lingkungan kerja juga menjadi salah satu topik bahasan di Festival Kreatif, IdeaFest 2020 yang digelar dari 13-15 November 2020.

Menurut dia, saat ini semakin banyak perempuan yang memegang peranan strategis dalam perusahaan.

Di seluruh dunia, kata dia, 29 persen peranan strategis perusahaan dipimpin oleh perempuan, dan Indonesia memegang peringkat ke-4 dalam jumlah presentasi perempuan pada posisi manajerial.

“Kami percaya bahwa sebagai perempuan, masih banyak yang bisa dicapai. Yang dibutuhkan adalah dukungan dari lingkungan kerja maupun di rumah agar stigma negatif terhadap perempuan bisa dipatahkan, dan perempuan bisa sukses sebagai ibu maupun dalam pekerjaan yang diinginkan,” ucapnya.

Sementara itu, aktris sekaligus aktivis Hannah Al Rasyid menambahkan peran untuk kesuksesan dari keluarga tidak hanya hadir dari sosok ibu, namun sosok ayah dan kolaborasi antar keduanya juga memiliki peranan penting untuk ini.

“Tantangan perempuan bekerja berbeda di setiap industri. Namun, kasus bias gender hingga pelecehan masih terus terjadi. Mulai dari perempuan yang hanya dinilai dari penampilan, sifat perempuan dianggap merugikan untuk perusahaan, atau apabila perempuan asertif dianggap bossy, sementara laki-laki akan lebih didengar,” kata Hannah.

Selain mengatasi tantangan stigma yang ada pada diri sendiri, komitmen perusahaan pada lingkungan kerja juga bisa berpengaruh positif agar perempuan bisa membawa perubahan di lingkungan kerja. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020