Melalui Sekretaris Daerah Syaifullah, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto berpesan agar seluruh masyarakat disiplin protokol kesehatan karena penularan virus corona (COVID-19) bisa terjadi dan menulari kepada siapapun serta di daerah manapun.

"Yang perlu kami sampaikan kepada teman-teman (media) bagaimana untuk bisa menjaga ketenangan masyarakat. Penularan COVID-19 bisa terjadi kepada siapapun, oleh karena itu masyarakat diminta tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan. Itu harapan beliau," ujar Syaifullah di Situbondo, Rabu.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto yang saat ini tengah menjalani perawatan medis di Ruang Wijaya Kusuma RSUD dr Abdoer Rahem karena positif terinfeksi COVID-19, mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dan juga menjaga daya tahan tubuh atau imunitas.

Selain itu, lanjut Syaifullah, Bupati Situbondo juga menyampaikan permintaan doa kesembuhan dari infeksi virus corona (COVID-19) kepada seluruh masyarakat.

"Beliau juga meminta doa kepada seluruh masyarakat Situbondo, dengan harapan dapat segera sembuh dan pulih kembali sehingga bisa melayani masyarakat," kata Syaifullah.

Sekda Syaifullah mengatakan bahwa pihaknya telah meminta kepada pejabat di lingkungan Pemkab Situbondo yang mengalami gejala-gejala mengarah COVID-19 agar melakukan isolasi mandiri atau karantina.

"Kepada teman-teman pejabat yang mengalami gejala tidak nyaman kami minta untuk isolasi atau karantina," katanya.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 sejak Selasa, 24 November 2020, dan kini tengah menjalani perawatan medis di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo.

Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo telah melakukan penelusuran terhadap kontak erat Bupati Situbondo setelah dinyatakan positif terinfeksi virus corona, dan hasilnya sembilan orang kontak erat dites usap (swab tes).

Sembilan orang kontak erat dan telah dites usap itu merupakan yang tinggal di Pendopo Bupati Situbondo, termasuk istri bupati, yakni Umi Kulsum.

Tes usap sembilan orang kontak erat dengan Bupati Dadang, hasilnya masih belum keluar atau belum diterima, kecuali hasil tes usap istri bupati yang lebih dulu keluar dan hasilnya negatif.

Informasi yang dihimpun, kegiatan terakhir Bupati di Situbondo adalah menghadiri HUT ke-49 Korpri pada Sabtu (21/11) yang dikemas dalam acara World Clean Up Day di Tempat Pelelangan Ikan atau TPI Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan.

Data sebaran COVID-19 di Situbondo hingga hari ini tercatat mencapai 934 kasus, 765 pasien dinyatakan sembuh, 87 pasien dalam perawatan dan 82 orang pasien meninggal dunia.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020