Perum Jasa Tirta I kembali membuka wisata Bendungan Selorejo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang sempat ditutup sejak Maret 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Manajer Pariwisata Selorejo, Bayu Pramudya, Minggu mengatakan, Bendungan Selorejo bisa menjadi alternatif liburan tanpa khawatir terpapar virus corona karena pihaknya menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan ketat.

"Tamu wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan diukur suhu badan. Di area wisata juga banyak dipasang tempat untuk cuci tangan," kata Bayu.

Bayu mengatakan, sejak  dibuka pada 1 September 2020 wisata Selorejo telah ramai dikunjungi wisatawan. Meski untuk tamu hotel belum sepenuhnya pulih.

"Yang belum pulih itu tamu hotel ya, untuk wisatanya mulai ramai meski pandemi. Setelah buka operasional kami punya paket camping dan sekolah berkuda, dan naik perahu. Kami maksimalkan kegiatan outdoor,"  ujarnya.

Dijelaskannya, untuk paket camping wisatawan bisa menikmatinya dengan biaya Rp35 ribu untuk pengunjung yang datang dengan perlengakapan sendiri serta biaya hingga Rp350 ribu untuk dua orang.

"Itu lengkap dengan jalan-jalan dan makan pagi dan makan malam ya," katanya.

Sedangkan paket sekolah berkuda, wisata Selorejo membandrol harga Rp200 ribu, dimulai pukul 09.00 WIB dan 15.00 WIB. Jika tiga hari harga yang di dapatkan cukup murah yakni Rp500 ribu.

"Jadi materi berkuda teori dan praktik. Materinya apa yang tidak boleh dilakukan pada kuda, cara memberi makan kuda, merawat kuda, mengenali kuda. Terus ada praktik berkuda mulai naiknya, dituntun sampai bisa," katanya.

Bayu Pramadya menjelaskan, tiket masuk Taman Wisata Selorejo pada hari biasa senilai Rp13 ribu per orang dan akhir pekan atau hari libur nasional senilai Rp20 ribu per orang.

Tiket kendaraan bermotor roda dua senilai Rp2.000, roda empat Rp5.000 dan bus Rp15 ribu.

"Selorejo juga menyediakan hotel dan fasilitas meeting atau rapat. Harga hotel mulai Rp260 ribu per kamar untuk dua orang. Tersedia pula cottage mulai Rp 540 ribu per unit," ujarnya. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020