SMK Negeri 4 Jember mengembangkan program kewirausahaan melalui gerakan one group one business dengan penandatanganan MoU dan penyerahan modal awal bergulir kepada direktur masing-masing program sekolah yang digelar di Vocational Hall SMK Negeri 4 Jember, Jumat.

"Sebagai pelajar yang lekat dengan pendidikan vokasi harus bisa berpikir dan bertindak secara inovatif, kreatif, dan produktif," kata Kepala SMK Negeri 4 Jember Mohammad Ghozali saat membuka acara tersebut di Jember.

Menurutnya jumlah pengangguran di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan, sehingga sebagai siswa Sekolah Menengah Kejuruan diharapkan dengan tugas barunya sebagai seorang wirausahawan dapat mengembangkan usahanya hingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Acara penandatanganan MoU dan penyerahahan modal awal bergulir merupakan serangkaian acara dari program pengembangan kewirausahaan melalui gerakan one group one business," tuturnya.

Sebelumnya, tim panitia dan para peserta telah melalui serangkaian kegiatan, mulai dari pendaftaran grup untuk para peserta, seleksi administrasi, pengumuman hasil, pelatihan kewirausahaan dan penyelarasan kemitraan dengan DUDI/praktisi, pengembangan proposal rencana usaha, hingga pada verifikasi dan pengumpulan proposal usahaa. 

Selanjutnya setelah kegiatan penandatanganan kontrak kerja dan penyerahan modal bergulir (modal awal), para peserta akan melaksanakan tahapan realisasi usaha, pendampingan usaha, monitoring, hingga pelaporan perkembangan usaha.

Menurutnya seluruh kegiatan itu yakni Program Pengembangan Kewirausahaan Melalui Gerakan One Group One Business berada dalam pembinaan, konsul, dan monitoring Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Dirjen Vokasi Kemendikbud bersama Universitas Bina Nusantara Jakarta. 

"Kedepannya, melalui kegiatan yang menjadi bagian dalam PPS (Program Pengembangan Sekolah) itu dapat melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda yang berbakat di dunia kewirausahaan hingga mampu menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain," katanya.

Ia menjelaskan one group one business merupakan sebuah inisiatif dari SMKN 4 Jember yang bertujuan menumbuhkan semangat dan jiwa kewirausahaan dari siswa-siswa SMK.

Sementara Deputy Head of Program, Business Management and Marketing, Binus Business School Program Dr. Adilla Anggraeni  mengatakan kegiatan itu memungkinkan siswa-siswa yang berpartisipasi untuk memberikan proposal usaha dan mendapatkan program pendampingan yang sesuai dengan jenis usaha mereka. 

"Secara umum program itu sangatlah menjanjikan sebagai suatu inisiasi mendorong tumbuhnya minat wirausaha dan memupuk kecakapan dalam bidang-bidang yang relevan sebagai seorang wirausaha, serta melibatkan pelaku industri," ujarnya.

Pada kegiatan penandatangan MoU tersebut, terlihat para direktur baru sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir, salah satunya  Direktur Esthetic Wall Décor Devi Erfana yang mengaku bangga bisa terlibat langsung dalam kegiatan positif yang diadakan oleh sekolah. 

"Dari awal, saya sangat antusias untuk mengikuti gerakan one group one business karena ingin menambah pengetahuan di bidang kewirausahaan, ingin menambah pengalaman berbisnis, serta juga ingin menyalurkan minat saya dalam dunia wirausaha," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020