Jumlah pergerakan penumpang keberangkatan dan kedatangan yang dilayani Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, mencapai 1.932 penumpang selama libur panjang dan cuti bersama pekan kemarin, merupakan jumlah tertinggi selama pandemi COVID-19.

Executive General Manager Bandara PT Angkasa Pura II (Persero) KC Banyuwangi Cin Asmoro dalam keterangannya mengemukakan bahwa libur panjang pekan lalu dimanfaatkan oleh masyarakat berlibur atau pulang mudik melalui Bandara Banyuwangi.

"Total selama libur panjang kami menerbangkan 1.932 penumpang yang datang maupun pergi dan puncaknya arus balik pada hari Minggu (1/11) kemarin sebanyak 683 penumpang," katanya.

Ia mengatakan seluruh pemangku kepentingan telah melakukan penerapan protokol kesehatan selama pelayanan libur panjang ini. KKP Kelas II Probolinggo Wilker Tanjung Wangi, Airnav KC Banyuwangi, BMKG Banyuwangi, CIQ, TNI dan Polri, Pemkab Banyuwangi, memberikan peranan penting dalam antisipasi COVID-19.

"Menjaga jarak fisik tetap dijaga, personel fokus mengantisipasi di sejumlah area keberangkatan, di antaranya pemeriksaan suhu tubuh, dokumen penerbangan, check-in counter, boarding lounge dan area kedatangan, pemeriksaan E-HAC serta pengawasan di ruangan Terminal Operation Center (TOC)," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik naiknya okupansi penumpang di Bandara Banyuwangi.

Menurut Anas, kunjungan wisatawan selama libur panjang ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku wisata di Banyuwangi.

"Tentu ini menjadi hal yang membahagiakan, pada libur panjang pekan kemarin wisatawan datang ke Banyuwangi yang saat ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik dari kedatangan wisatawan hingga ke seluruh destinasi wisata. Tentu harapan kami wisatawan bisa menikmati destinasi wisata dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Dengan begitu, penularan COVID-19 bisa di tekan seminimal mungkin," paparnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda mengatakan pengunjung ke sejumlah destinasi wisata di Banyuwangi melonjak hingga mencapai 100 persen dibandingkan akhir pekan biasa selama masa liburan panjang.

"Biasanya jumlah pengunjung di akhir pekan (Sabtu–Minggu) itu sekitar 8.000 orang yang tersebar di puluhan destinasi yang ada di Banyuwangi. Tapi, Kamis lalu sampai tembus 14.000 orang," kata Bramuda.

Data diperoleh, destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan antara lain, Pantai Cacalan, Bangsring Underwater, Pulau Merah, Hutan de Djawatan, Kawah Ijen, dan Pantai Marina Boom. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020