PT Jasa Raharja Perwakilan Madiun, Jawa Timur, memfasilitasi pemeriksaan "rapid test" atau tes cepat deteksi COVID-19 untuk para sopir dan kru bus PO Damri Ponorogo.

Kepala Perwakilan Jasa Raharja Madiun Adhitya Angga Dewa mengatakan tes cepat terhadap para sopir dan kru bus tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. 

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam menghadapi pandemik COVID-19. Adapun, tes cepat dilakukan pada Rabu 21 Oktober 2020," ujar Adhitya Angga Dewa dalam keterangannya di Madiun, Kamis.

Baca juga: Satgas COVID-19 Jatim catat 1.010.590 tes cepat

Baca juga: KPU Malang alokasikan Rp6,7 miliar untuk tes cepat COVID-19

Menurut dia, sejak pandemik COVID-19 mewabah, PT Jasa Raharja secara aktif melakukan tindakan preventif untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran COVID-19, seperti pembagian masker dan APD lainnya. 

"Kali ini kegiatan rapid test ditujukan kepada sopir dan kru bus. Hal itu mengingat profesi mereka menuntut untuk berpindah dari satu kota ke kota lain dan berinteraksi dengan banyak orang," kata dia.

Adapun jumlah sopir dan kru bus yang mengikuti kegiatan rapid test tersebut mencapai 23 orang. Hasilnya, semua dinyatakan non-reaktif.

Pihaknya berharap, pelaksanaan tes cepat tersebut juga untuk lebih memberikan rasa aman kepada calon penumpang bus. Sehingga penumpang lebih nyaman beraktivitas menggunakan jasa angkutan bus. 

Selain itu, lanjut Adhitya Angga Dewa, kegiatan rapid test tersebut juga bertujuan sebagai proses tracing atau pelacakan awal untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 yang masih terus bertambah.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020