Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari membekali siswa sekolah menengah pertama (SMP) pengetahuan ekonomi kreatif sebagai upaya agar generasi muda dapat menjadi bagian dalam pembangunan kota itu.

Pengetahuan itu diberikan melalui pembelajaran secara daring atau pembelajaran jarak jauh yang diselenggarakan secara langsung di Rumah Rakyat Hayam Wuruk 50, Magersari, Mojokerto, Jatim, Selasa.

"Kami memberikan penjelasan terkait ekonomi kreatif yang di dalamnya mengandung nilai sosial dan budaya Kota Mojokerto," kata Ning Ita, sapaan akrab wali kota, pada kegiatan yang diikuti ratusan siswa SMP negeri maupun swasta itu.

Dalam situasi pandemi ini, kata dia, hampir lima bulan para siswa ini tidak bisa mengenyam pendidikan di sekolah.

"Tentu, situasi ini membawa dampak psikologi bagi mereka. Nah, setengah tahun ini pasti memberikan dampak merosotnya semangat mereka dalam belajar akibat kejenuhan. Untuk itu, saya membuat inovasi dengan menjadi pengajar bagi mereka secara daring," kata Ning Ita.

Pembelajaran dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang memfokuskan pada tema ekonomi kreatif, lanjut Ning Ita, sapaan akrabnya, lebih ditekankan agar para generasi muda dapat menjadi bagian dalam pembangunan Kota Mojokerto ke depannya.

"Kota Mojokerto merupakan kota perdagangan yang didominasi oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM)," katanya.

Ia menceritakan, di awal kepemimpinannya, Pemerintah Kota Mojokerto sejak awal telah membuat program dalam menggerakkan ekonomi kreatif yang berfokus pada pergerakan UMKM.

"Hal ini tidak lepas dari Kota Mojokerto sebagai pusat daerah perdagangan bagi daerah tetangga. Terlebih, kota ini merupakan kota penyangga bagi kota-kota besar di Jawa Timur," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Amin Wachid menambahkan jika nantinya Wali Kota Ning Ita akan memberikan pembelajaran juga bagi siswa sekolah dasar (SD) negeri maupun swasta. Untuk pembelajaran siswa SMP, telah dilakukan pada hari ini (8/9), sedangkan untuk siswa SD, akan dilaksanakan pada tanggal 16 September mendatang.

"Alhamdulillah, ini tadi semangat anak-anak sangat luar biasa saat diajarkan oleh ibu wali kota. Interaksi tanya jawab pun berlangsung penuh semangat. Terlebih, tadi anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan dari ibu wali kota juga mendapatkan hadiah istimewa berupa gadget. Terima kasih kepada ibu wali kota yang telah memberikan suntikan motivasi kepada siswa-siswi di tengah pandemi covid-19," ucap Amin Wachid.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020