Pasangan bakal calon kepala daerah Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto mendaftar Pilkada 2020 ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember didampingi Wakil Bupati Abdul Muqit Arief bersama istrinya pada hari terakhir pendaftaran, Minggu.

Petahana Faida yang menggandeng Vian di Pilkada Jember maju sebagai bacabup-bacawabup dengan menggunakan jalur perseorangan. Ribuan massa pendukungnya Faida-Vian dari berbagai elemen melakukan konvoi menuju ke Kantor KPU Jember.

"Hari ini pasangan Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto mendaftar melalui jalur perseorangan pada hari terakhir pendaftaran bacabup-bacawabup Jember," kata Ketua KPU Jember Mohammad Syai'in.

Menurut ia, persyaratan pencalonan dan syarat calon pasangan Faida-Vian telah lengkap memenuhi syarat setelah dilakukan penelitian berkas dan keabsahan dokumen pencalonan.

Mengenai kehadiran Wabup Jember Abdul Muqit Arief yang mendampingi pendaftaran Faida-Vian, Ketua KPU Jember Syai’in mengaku tidak tahu posisi wabup dalam tim resmi pasangan petahana tersebut.

"Kami memberikan ID card kepada pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, serta tim pasangan calon, sehingga siapa saja yang mendampingi pendaftaran merupakan kewenangan dari masing-masing calon," tuturnya.

Sesuai ketentuan, lanjut Syai’in, hanya pasangan calon dan timnya yang boleh berada dalam ruang pendaftaran dan untuk personelnha diserahkan kepada masing-masing paslon.

Sementara dikonfirmasi secara terpisah, Faida mengatakan pihaknya bersama Wabup Jember mempunyai komitmen besar untuk berjuang bersama-sama dari awal hingga saat ini, sehingga kehadiran Kiai Muqit dan istrinya untuk memberikan dukungan moril.

"Kiai Muqit hadir dalam kapasitas sebagai saudara dan keluarga karena keputusan memilih Mas Vian merupakan keputusan bersama dengan Kiai Muqit (Wabup Jember)," kata Faida.

Wabup Jember A. Muqit Arief mengatakan kehadirannya mendampingi pasangan Faida-Vian mendaftar pilkada hanya sebagai rakyat biasa. Ia juga enggan berkomentar saat ditanya apakah masuk tim pemenangan Faida-Vian.

Kiai Muqit Arief dengan mengenakan kemeja abu-abu bersama istrinya ikut dalam rombongan Faida-Vian dan mengenakan ID Card sebagai tim pasangan calon yang mendampingi pendaftaran.

Faida-Vian mendaftar sebagai bacabup-bacawabup Jember melalui jalur perseorangan setelah dinyatakan lolos verifikasi faktual dengan mendapatkan sebanyak 146.687 dukungan.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020