Pengurus Gabungan Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal), Rabu, menyelenggarakan bakti sosial donor darah dengan target 2.020 kantong darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Jalasenastri tahun 2020. 

Pada kegiatan donor darah itu, Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Nurhidayat dan Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat serta pejabat utama juga turut berpartisipasi di Gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.
 
Dalam keterangan tertulis Bagian Penerangan Kodiklatal, kegiatan bakti sosial ini bekerja sama dengan sejumlah kantor cabang PMI, yaitu Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Jombang, Gresik, Mojokerto, Kota Malang, Kabupaten/Kota Pasuruan, dan Lamongan. 

Donor darah yang diikuti oleh seluruh prajurit, PNS dan Jalasenastri Kodiklatal itu dilaksanakan di delapan tempat berbeda. Selain Gedung Moeljadi, juga di Gedung Martadinata, Gedung E.H Thomas Kesatrian Bumimoro, Gedung Balai Prajurit Kodikmar Gunung Sari, serta lima tempat lainnya di komplek Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo. 

Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat mengatakan kegiatan donor darah ini bertujuan membantu masyarakat Jawa Timur yang membutuhkan darah dan sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial dari prajurit Kodiklatal dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI pada masa pandemi virus corona saat ini. 

Untuk menghindari penyebaran virus corona dalam pelaksanaan donor darah ini, panitia mengedepankan protokol kesehatan secara ketat, salah satunya pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun terhadap seluruh peserta.

Selain itu, kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak antarpersonel serta mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ruangan. Sedangkan petugas PMI menggunakan alat pelindung diri secara lengkap. 

HUT Jalasenastri yang diperingati setiap tanggal 27 Agustus ini mengambil tema “Jalasenastri berperan mewujudkan keluarga tangguh dan sehat menuju Indonesia maju”.

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020