Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, kembali mengumumkan lonjakan 19 kasus baru corona sehingga pasien positif terinfeksi virus corona menjadi 126 orang.

Namun, pada hari ini gugus tugas juga mengumumkan adanya 11 orang pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh. Dengan demikian, jumlah pasien corona sembuh di Situbondo mencapai 40 orang.

"Hari ini kami menerima 175 hasil tes usap (swab test) dari dua laboratorium Surabaya, 19 orang hasilnya positif, 11 orang pasien sembuh, dan 145 hasil swab test lainnya negatif," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Situbondo Dadang Aries Bintoro di Situbondo, Minggu malam.

Sebanyak 19 kasus baru Corona Virus Disease 19 tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni di Desa/Kecamatan Jangkar tercatat 13 kasus (hasil tracing pasien positif sebelumnya), Kelurahan Patokan (Kecamatan Situbondo) dua kasus, dan Kelurahan Dawuhan (Kecamatan Situbondo) satu kasus.

Selanjutnya, di Desa Paowan (Kecamatan Panarukan) satu kasus, Desa Olean (Kecamatan Situbondo) satu kasus, dan satu kasus COVID-19 lainnya di Desa Kilensari (Kecamatan Panarukan).

"Sedangkan 11 orang pasien corona yang dinyatakan sembuh hari ini (sudah tes usap dua kali negatif), sembilan orang asal Desa Olean (Kecamatan Situbondo), satu orang asal Desa Tenggir (Kecamatan Panji) dan satu pasien sembuh lainnya asal Kelurahan Mimbaan (Kecamatan Panji)," paparnya.

Dadang mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak fisik serta menghindari kerumunan.

Data sebaran COVID-19 di Situbondo, hingga hari ini tercatat 126 orang terinfeksi corona, perinciannya 75 orang dalam perawatan (delapan pasien rawat inap, 60 orang isolasi mandiri, dikarantina tujuh orang), 11 orang meninggal dunia, dan 40 orang telah sembuh. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020