Koperasi Nasari Syariah dan Nasari Group menyalurkan donasi ribuan alat pelindung diri dan masker medis kepada Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dalam upaya mendukung penanganan corona atau COVID-19.

"Kami memberikan donasi berupa 7.500 set APD (baju hazmat, shoe cover) dan 10.000 buah masker medis kepada pimpinan Muhammadiyah Jawa Timur. Donasi APD ini terutama untuk tenaga medis, seperti dokter, perawat, staf rumah sakit, dan pengemudi ambulans sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19 di seluruh Rumah Sakit Muhammadiyah di Jawa Timur," kata Ketua Pengurus Nasari Syariah Chandra Saritua dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Rabu malam.

Chandra mengatakan bahwa penyaluran bantuan APD dan masker medis ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah, khususnya di Kota Surabaya dan Jawa Timur dalam menangani wabah virus corona lewat program Nasari Peduli COVID-19.

Program ini diluncurkan secara nasional sejak awal Mei lalu dalam menyambut 75 tahun Indonesia merdeka dan akan dilaksanakan hingga Agustus 2020.

Menurut Chandra, Muhammadiyah adalah salah satu organisasi kemasyarakatan Islam terbesar di Indonesia yang mempunyai jaringan rumah sakit terbesar untuk penanganan COVID-19, termasuk di wilayah Jawa Timur.

Chandra Saritua juga mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk bersatu, gotong rotong, penuh solidaritas, dan cepat beradaptasi dengan mengubah perilaku di masa normal baru agar kegiatan ekonomi segera pulih.

"Koperasi dan UKM adalah badan usaha yang paling cepat beradaptasi dengan apapun kondisi krisis ekonomi, terutama dalam pandemi ini. Khusus di wilayah Jawa Timur ada 25.000 koperasi yang aktif, 10 juta UKM yang menyerap tenaga kerja lebih kurang 15 juta orang, dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) 5,4 persen atau di atas rata-rata nasional 5,1 persen," ujar Chandra.

Untuk itu, Chandra juga mendesak pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota se-Jatim untuk bersatu bekerja sama melakukan revitalisasi koperasi dan UKM, dengan mengesampingkan ego sektoral.

Sebagai contoh bahwa APD yang disalurkan Nasari Group di Jatim merupakan produk anggota binaan Koperasi Nasari Syariah yang ada di Surabaya dan sekitarnya, yang banting setir untuk tetap bertahan dan berkarya.

"Aksi peduli ini memberikan harapan dan optimisme bahwa koperasi dan UKM harus tetap eksis, serta menjadi penyelamat ekonomi kerakyatan khususnya di masa krisis ekonomi akibat pandemi," tambah Chandra.

Sebelumnya pada 9 Mei 2020, Nasari Group mengadakan aksi peduli melalui koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia Pusat memberikan bantuan sembako berupa 5 ton beras, 5 ton minyak goreng, 5.000 bungkus mi instan, 2,5 ton gula pasir, dan 10.000 bungkus kopi instan. Selain itu, juga disalurkan bantuan sebanyak 5.000 masker kain dan 250 liter cairan desinfektan yang disebar ke pesantren dan masjid.

Pewarta: Fiqih/DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020