Pemerintah Kota Malang memperkuat langkah pelacakan terhadap orang-orang yang memiliki potensi tertular COVID-19 dari pasien yang telah dinyatakan positif terpapar virus corona jenis baru itu sebelumnya.

Wali Kota Malang Sutiaji di Malang, Selasa, mengatakan bahwa pelaksanaan pelacakan tersebut akan dilakukan dengan rasio 1:30, yang artinya dari satu orang konfirmasi positif corona akan dicari 30 orang yang berstatus kontak erat.

"Harus kita lebarkan tracing-nya, agar langkah antisipasi, dan cakupannya lebih luas. Dengan harapan, akan memperkuat pelacakan," katanya.

Sutiaji menjelaskan Pemerintah Kota Malang mencermati penyebaran corona COVID-19, khususnya yang terjadi pada lingkungan keluarga dan daerah tempat tinggal. Oleh karena itu, langkah penguatan pelacakan tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Menurut Sutiaji, penambahan jumlah kasus positif corona di Kota Malang yang mencapai 204 orang tersebut, juga didasari adanya tes swab yang dilakukan kepada orang-orang dengan status pasien dalam pengawasan (PDP).

"Hasil swab dari PDP kini mulai keluar, ini juga menambah jumlah kasus COVID-19 di Kota Malang," katanya.

Sementara itu, lanjut Sutiaji, untuk data pasien sembuh, pada 28 Juni 2020 tercatat sebanyak 27 orang dari total kasus yang terjadi. Secara keseluruhan, jumlah pasien positif corona atau COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 53 orang.

Secara rinci, kata dia, berdasarkan data kasus per wilayah, tingkat kesembuhan di Kecamatan Lowokwaru sebesar 46 persen, Kecamatan Klojen 27 persen, Kecamatan Blimbing 26 persen, Kecamatan Sukun 24 persen, dan Kecamatan Kedungkandang sebesar 20 persen.

"Hal itu menunjukkan, harus ada langkah upaya untuk terus meningkatkan angka kesembuhan," ujar wali kota.

Dalam upaya untuk menekan penyebaran COVID-19 di Kota Malang, pemerintah daerah juga turut mengajak warga untuk saling mengingatkan dan mengawasi, utamanya dalam penerapan protokol kesehatan pada saat beraktivitas di luar rumah.

Hingga saat ini, secara keseluruhan tercatat ada 204 kasus positif corona di Kota Malang, dimana sebanyak 53 orang dinyatakan sembuh, 14 orang meninggal dunia, dan sisanya masih berada dalam perawatan.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020