Angka kesembuhan pasien positif corona atau COVID-19 di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, hingga 26 Juni 2020 tercatat mencapai 73 persen dari total 228 kasus terkonfirmasi positif.

Kenaikan angka kesembuhan dari sebelumnya 55 persen itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tulungagung Galih Nusantoro, Jumat, seiring penambahan 43 orang pasien corona yang dinyatakan sembuh.

"Total yang sembuh hingga hari ini 167 orang. Kurang lebih ini sudah mencapai sebanyak 73 persen dari total 228 kasus yang terkonfirmasi positif. Ini penambahan yang signifikan," papar Galih.

Jumlah total kasus sebanyak 228 orang itu sudah termasuk penambahan empat kasus baru terkonfirmasi positif, yakni dari wilayah Kecamatan Sumbergempol sebanyak tiga orang dan dari Kecamatan Tulungagung satu orang.

Satu kasus baru dari Tulungagung ini merupakan pasien dalam pengawasan yang meninggal dunia pada 14 Juni dan hasil tes usapnya baru keluar pada Jumat.

Sedangkan pasien sembuh tersebar di 11 kecamatan, dengan terbanyak dari Kecamatan Kedungwaru tercatat 17 orang.

"Dari 43 orang yang terkonfirmasi sembuh ini, empat orang di antaranya merupakan pasien anak atau usia bawah umur," ujarnya.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Tulungagung yang meninggal dunia hingga saat ini tercatat sebanyak tiga orang, dengan semuanya memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta yang sudah kronis.

Sementara untuk PDP (pasien dalam pengawasan) sampai dengan sekarang sebanyak 653 orang, rinciannya PDP sembuh sebanyak 444 orang, masih dirawat 19 orang, dan dengan rasio kasus kematian sebanyak 190 orang.

Angka kematian ini termasuk tiga orang PDP yang kemudian hasil tes usap terkonfirmasi positif corona selama periode Maret hingga Juni 2020. 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020