Jumlah pasien terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona (COVID-19) di Situbondo, Jawa Timur, pada Kamis, bertambah lagi sembilan orang dari klaster penularan jamaah masjid sehingga keseluruhan pasien corona menjadi 65 orang.

"Hari ini kami menerima hasil swab dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya sebanyak 14 sampel swab, sembilan sampel di antaranya positif corona dan lima lainnya negatif," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Situbondo Abu Bakar Abdi di Situbondo, Kamis.

Ia mengatakan bahwa sembilan orang tambahan pasien positif COVID-19 itu masing-masing empat orang dari Desa Tenggir, Kecamatan Panji, dan Desa Olean, Kecamatan Kota Situbondo sebanyak lima orang, yang semua penularannya dari klaster jamaah Masjid Baitur Rahman di Desa Olean.

Dengan demikian, lanjut Abu Bakar, jumlah pasien positif terpapar virus corona COVID-19 di Situbondo bertambah menjadi 65 orang, dari sehari sebelumnya tercatat 56 orang.

"Sembilan pasien positif COVID-19 klaster jamaah masjid di Desa Olean ini sementara melakukan karantina mandiri," tuturnya.

Sehari sebelumnya, pada Rabu (3/6), jumlah pasien corona di Situbondo bertambah lima orang juga dari klaster jamaah masjid.

Dari 65 pasien positif corona di Situbondo, sebanyak 11 orang telah dinyatakan sembuh dan sisanya sebagian besar menjalani karantina di gedung observasi Hotel Sidomuncul 1 Pasir Putih, kemudian isolasi mandiri dan sebagian lagi dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 setempat. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020