Yayasan Rumah Kita yang merupakan mitra "Sampoerna untuk Indonesia" menyalurkan bantuan berbagai jenis peralatan kesehatan untuk percepatan penanganan virus corona (COVID-19) di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Ketua Yayasan Rumah Kita Andrianus melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan di Surabaya, Rabu, memaparkan bantuan disalurkan di tiga tempat, yaitu Kantor Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Grati, dan RSUD Pasuruan di Bangil.

"Bantuan untuk Pemerintah Kabupaten Pasuruan diterima langsung Bupati Irsyad Yusuf, yaitu berupa dua unit ventilator, 5.000 masker kain, 250 baju hazmat, serta sebanyak 50 alat pelindung diri atau APD dan 200 face shield," katanya. 

Sedangkan untuk RSUD Grati dan RSUD Pasuruan, Yayasan Rumah Kita menyalurkan bantuan berupa masing-masing satu unit ventilator. 

Menurut Andrianus, Yayasan Rumah Kita menargetkan bisa memberi bantuan peralatan kesehatan di sembilan kabupaten/kota.
 
"Bantuan dari kami di antaranya sudah diterima oleh beberapa kepala daerah, seperti Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan," ujarnya. 

Selanjutnya, Andrianus menandaskan, Yayasan Rumah Kita telah mengagendakan menyerahkan bantuan peralatan kesehatan untuk Daerah Istimewa Yogyakarta, Semarang, Jawa Tengah, serta Bandung dan Karawang, Jawa Barat.

"Mungkin nanti bentuk bantuan yang akan kami salurkan berbeda saat memasuki new normal karena akan lebih difokuskan ke masyarakat," katanya. 

Dia mencontohkan setiap hari masyarakat butuh masker dan hand sanitizer, juga tempat cuci tangan di jalan dan tempat kerja. 

"Kemudian yang paling penting buat kami bagaimana pemberdayaan masyarakat luas agar perilaku hidup sehat bisa jadi budaya," tuturnya. 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020