Penjualan mobil selama awal tahun 2020 ini di Auto2000 Kediri Suharmadji, Kota Kediri, Jawa Timur, relatif turun, dari rata-rata 55-60 kendaraan per bulan kini hanya sekitar 30-35 kendaraan per bulan, imbas pandemi Corona.

"Kalau di penjualan terdampak. Dari Januari-Februari 2020 sebelum pandemi dan saat pandemi mulai terasa di Maret-April 2020, turunnya sekitar 40 persen, dari rata-rata 55-60 kendaraan per bulan sekarang 30-55 kendaraan per bulan," kata Branch Manager Auto2000 Kediri Suharmadji, Djojo Purwono di Kediri, Selasa.

Ia mengatakan, kondisi ini terjadi di hampir seluruh wilayah. Ekonomi kini lesu dampak pandemi  Corona.

Perusahaan juga akhirnya menerapkan strategi khusus agar penjualan tetap berjalan seperti memberikan potongan khusus bagi mereka yang mempunyai profesi di bagian medis. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghargaan, karena petugas medis juga di garda depan dalam penanganan pandemi Corona.

Ia juga mengatakan, perusahaan mengutamakan dalam pelayanan secara daring, sebagai upaya untuk mengurangi intensitas bertemu dengan pelanggan. Selain itu, perusahaan juga menggunakan sistem referensi, dimana pelanggan repeat order atau diupayakan membeli kendaraan lagi dengan produk baru. Beberapa kendaraan yang cukup diminati antara lain Toyota Agya terbaru, Avanza, hingga Rush.

Terkait dengan aktivitas di bengkel, ia mengatakan layanan servis di Toyota Home Service (THS) justru mengalami kenaikan hingga 20 persen. Di waktu sebelum pandemi corona, rata-rata layanan di THS 3-5 unit kendaraan saja, sekarang ini sudah naik 20 persen. Sedangkan, tingkat kunjungan kendaraan ke bengkel justru turun sekitar 30 persen.

Kendati saat ini penjualan lesu akibat pandemi corona, ia optimistis kondisi akan segera pulih. Di bagian marketing juga akan tetap berupaya keras agar penjualan tetap bagus.

"Kami berusaha dan tetap berharap salesman bisa berjuang dengan baik. Kami harap pandemi ini segera berlalu supaya dapat kembali seperti semula," ujar Djojo Purwono.

Auto2000 Kediri Suharmadji Kota Kediri, yang meliputi Kediri hingga Madiun, Tulungagung, maupun Jombang tersebut juga memberikan bantuan berupa paket bahan pokok dan alat pelindung diri kepada warga sekitar yang terdampak pandemi virus corona. Jumlah yang diberikan 100 paket bahan pokok dan alat pelindung diri (APD) berupa masker, disinfektan, sabun cuci tangan dan cairan pembersih tangan.

Pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat sekitar terutama yang kurang mampu. Terlebih lagi saat pandemi Corona seperti sekarang ini, sehingga dengan bantuan itu bisa meringankan beban mereka.

Di seluruh Indonesia, mulai April hingga Mei 2020, Auto2000 akan menyalurkan bantuan dengan total 29.190 paket bahan pokok melalui 126 cabang di seluruh Indonesia dengan isi paket seperti beras, gula, minyak goreng, susu, mi instan dan kebutuhan lainnya.

Bantuan itu juga sejalan dengan program yang dijalankan Astra International sebagai perusahaan induk Auto2000 dan program Toyota Indonesia dengan tujuan membantu masyarakat terdampak dan berupaya mencegah penularan wabah COVID-19. Donasi lain yang disalurkan Auto2000 dengan memberikan bantuan kepada warga binaan Auto2000 yang terdampak COVID-19 untuk membuka usaha penjualan makanan buka puasa secara daring. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020