Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mulai mendistribusikan sebagian dari satu juta masker kain yang dipesan atau hasil produksi UMKM konveksi dan para penjahit kampung.

Pada tahap awal, sebanyak 138 ribu masker kain langsung didistribusikan ke 63 desa/kelurahan di enam kecamatan. Dan penyerahan masker dilakukan Bupati Abdullah Azwar Anas, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudi, Ketua DPRD I Made Cahyana, dan Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi M. Mikroj.

"Saya minta agar kades, lurah dan camat bisa membagikan masker ini secara tertib dan bijaksana. Imbau juga warga agar terus menggunakan masker sebagaimana protokol kesehatan pencegahan COVID-19," ujar Bupati Anas di Banyuwangi, Rabu.

Azwar Anas menyadari bahwa masker yang dibagikan pemkab masih belum dapat memenuhi kebutuhan semua warga Banyuwangi secara merata, karena jumlah warga Banyuwangi yang mencapai 1,7 juta jiwa.

"Memang tidak semua warga bisa mendapat masker dari Gugus Tugas, tetapi minimal dengan pembagian masker ini diharapkan bisa mendorong kesadaran warga untuk menggunakan pelindung diri," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana meminta kepala desa agar tidak pernah bosan untuk mengingatkan warganya untuk melakukan pencegahan penularan virus corona. Karena tidak bisa dipungkiri jika masih banyak warga yang masih tidak menggunakan masker.

"Lurah dan kades jangan pernah bosan untuk mengingatkan. Memang harus diingatkan terus menerus sebagai bentuk kepedulian kita kepada warga. Ini semua demi keselamatan kita bersama," katanya.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin juga berpesan agar kades mengajak warganya  bergotong royong dan bersama-sama menjaga kesehatan dan keselamatan desanya, dimulai dari keluarga masing-masing.

"Memang dalam menghadapi pandemi ini kita tidak boleh takut berlebihan, tetapi tetap waspada karena pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Selain memakai masker, ingatkan warga untuk tetap dirumah apabila tidak ada kepentingan yang mendesak," ujarnya.

Data diperoleh, pembagian masker tahap awal dibagikan ke 63 desa dan kelurahan di enam kecamatan, yakni Kecamatan Wongsorejo, Kalipuro, Banyuwangi, Glagah, Giri dan Licin. Setiap desa/kelurahan, masing-masing mendapatkan 2.000 masker. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020