Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru yakni Corona Virus Disease 19 atau  (COVID-19) , yang saat ini telah mewabah di sejumlah daerah di Indonesia dan di  berbagai negara.

Satgas Penanganan COVID-19 Situbondo, yang terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP, pemadam kebakaran, BPBD, pada Kamis pagi bersama-sama melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Pasar Mimbaan Baru yang ada di kawasan perkotaan.
 
Video Oleh Novi Husdinariyanto

"Penyemprotan disinfektan ini hanya konsolidasi saja, supaya kekuatan yang berlapis itu menjadi satu kesatuan instruksi dan tidak berjalan sendiri-sendi. Sehingga Satgas Penanganan COVID-19 Situbondo bisa mengatur jadwal tepat dan mencari lokasi-lokasi cakupan yang luas," ujar Bupati Situbondo Dadang Wigiarto di sela memimpin penyemprotan disinfektan di Pasar Mimbaan Baru Situbondo, Kamis.

Menurut ia, yang tidak kala pentingnya dalam kegiatan penyemprotan disinfektan itu, bagaimana psikologis masyarakat menjadi terobati dan merasa aman, karena di pasar merupakan tempat orang datang untuk berbelanja atau sekedar berinteraksi secara ekonomi.

"Selama masih ada bantuan sarung tangan dan masker kami bagikan kepada para pedagang di pasar," katanya.

Dari pantauan, puluhan petugas gabungan  ini menyemprotkan cairan disinfektan di pertokoan pasar dan tangga, bahkan di dalam toko dan pasar juga menjadi sasaran penyemprotan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Dari data Satgas Penaganan COVID-19 Situbondo, per Rabu 25 Maret 2020 menyebutkan jumlah warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) bertambah menjadi 97 orang dari sebelumnya pada Selasa 24 Maret 2020 sebanyak 78 ODP.

Sedangkan pasien dalam pengawasan atau PDP juga bertambah menjadi tiga orang, dari sehari sebelumnya jumlah PSP sebanyak dua orang. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020