Asia e University (AeU) Malaysia membidik Universitas Brawijaya (UB) Malang untuk berkolaborasi dalam program e-learning.

MoU kolaborasi (kerja sama) antara Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan AeU Malaysia tersebut, ditandatangani oleh Prof Dr Titik Khawa Abdul Rahman selaku Wakil Rektor Asia e University (AeU) Malaysia dan Prof Dr Moch. Sasmito Djati (Wakil Rektor IV UB Malang), Rabu.

"Kerja sama ini bertujuan untuk berkolaborasi di bidang Tri Dharma Pendidikan," kata Sasmito Djati di Malang, Jawa Timur.

Prof Sasmito Djati mengungkapkan UB membuka peluang besar bagi perguruan tinggi internasional untuk melakukan kolaborasi pendidikan, baik itu join research maupun pertukaran mahasiswa dan dosen.

Hal ini, lanjutnya, menjadi tujuan utama untuk mengusung langkah internasionalisasi dan akreditasi internasional kampus.

Sementara itu, Prof Dr Titik Khawa Abdul Rahman mengatakan dengan dilakukannya penandatangan dengan UB, AeU dapat bergabung dalam program double degree dan melakukan kerja sama di bidang e-learning.

AeU selama ini telah melakukan inovasi dalam proses belajar mengajar melalui program belajar jarak jauh, sehingga tatap muka antara dosen pengajar dan mahasiswa bisa dilakukan tanpa harus berada dalam kelas.

"Mahasiswa kami berasal dari lintas negara, seperti Somalia, Myanmar, Vietnam. Tentu dengan hadirnya e-learning kami berharap dapat membantu meningkatkan kemampuan mereka, khususnya di bidang pendidikan," ungkapnya.

AeU merupakan universitas internasional di Kuala Lumpur, Malaysia yang berbasis pada e-learning.

Sebelumnyam AeU juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Brawijaya.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kekuatan jaringan Forum Asia Cooperation Dialoque (ACD), kerja sama tersebut bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

"Semoga dengan kerja sama kali ini kita dapat melakukan program-program pendidikan yang dapat meningkatkan standar akreditasi pendidikan di masa mendatang," kata Titik.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020