Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengingatkan para orang tua mengenai pentingnya pemberian vitamin A kepada anak untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Ibu-ibu, setiap Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A bagi balita, jadi yang punya balita jangan lupa ya segera bawa putra-putrinya ke puskesmas, posyandu atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan kapsul vitamin A secara gratis," kata Dani Azwar Anas saat menyosialisasikan pemberian vitamin A di Posyandu Tongkol, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis.

Di hadapan ibu-ibu, Dani Azwar Anas menjelaskan bahwa masa balita merupakan masa yang paling penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga pada masa ini diperlukan vitamin A dalam jumlah yang cukup.

Pemberian vitamin A ini, menurut Dani, bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko kelainan pada mata, serta mencegah kebutaan.

Selain itu, vitamin A juga meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap penyakit dan infeksi, seperti campak, diare dan infeksi saluran pencernaan akut.

Selain itu, vitamin A juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan anak, sehingga mencegah anak menjadi stunting.

Sosialisasi pemberian vitamin A telah digelar selama dua pekan, Dani Azwar Anas langsung turun ke sejumlah posyandu di Banyuwangi.

"Kami telah meminta seluruh kader PKK dan posyandu untuk aktif melakukan sosialisasi dan mengajak warga sekitar untuk menyukseskan program ini. Kesehatan balita adalah investasi bagi SDM kita di masa depan," tuturnya.

Lewat sosialisasi secara marat, diharapkan cakupan pemberian vitamin A di Banyuwangi bisa sesuai target, dan sehingga anak-anak Banyuwangi tumbuh menjadi anak yang berkualitas dan bebas stunting.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020