Pertandingan final Piala Gubernur Jawa Timur 2020 yang mempertemukan Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta diputuskan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Kamis, 20 Februari 2020.

"Lokasi pertandingan final yang semula dijadwalkan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dipindah ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan usai rapat koordinasi persiapan final Piala Gubernur di Mapolda setempat di Surabaya, Rabu.

Baca juga: Taklukkan Arema FC, Persebaya tantang Persija di final Piala Gubernur Jatim

Luki menjelaskan, meski dilaksanakan di Sidoarjo, Polda, PSSI dan Pemprov Jatim menyepakati bahwa tuan rumah pertandingan final ialah Persebaya.

Untuk itu, pendukung Persebaya, Bonek Mania, dipersilakan untuk mendukung langsung. Sedangkan The Jakmania, pendukung Persija Jakarta, dilarang datang ke stadion.

"Suporter Persija tidak diizinkan ikut hadir ke stadion. Suporter Persebaya boleh nonton, dengan catatan tertib menjaga keamanan," tegas Kapolda.

Baca juga: PSSI Jatim harapkan Jakmania tidak hadir pada final Piala Gubernur (Video)

Untuk meminimalisasi kedatangan The Jakmania ke Sidoarjo, Polda Jatim langsung melakukan koordinasi dengan Polda Metro Jaya. Apabila memang ada suporter Persija yang sudah ada di Jatim tepatnya di Malang, maka akan difasilitasi dengan nonton bareng laga final Piala Gubernur Jatim.

"Nanti kami fasilitasi dengan layar tancap untuk nonton bareng yang ada di kantor kecamatan, Polsek dan Kodim," ucap Luki.

Baca juga: Pemprov Jatim tanggung biaya pengobatan korban luka kerusuhan suporter (Video)

Lebih lanjut, jenderal bintang dua itu mengungkapkan alasan dipilihnya Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai tempat laga final, lantaran Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya belum siap. Stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 itu masih dalam perbaikan rumput lapangan.

"Stadion GBT masih dalam perbaikan rumputnya. Rumput masih banyak yang lubang. Pengelola Stadion Delta sudah urus kesiapan pertandingan," katanya.

Sementara untuk menjaga keamanan pada laga final, Polda Jatim dan jajarannya akan melaksanakan rapat teknis pengamanan di Mapolrestabes Surabaya.

Rapat ini akan diikuti Polrestabes Surabaya dan Polresta Sidoarjo. Kepolisian akan menyiapkan personel yang diterjunkan nanti.

"Nanti sore kami rapat teknis. Dari persiapan mulanya di GBT, jadi akan rapat teknis tetap di Polrestabes. Saya juga akan hadir," ujarnya.
 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020