Panitia lomba jurnalistik Piala Prapanca yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur memperpanjang batas waktu penyerahan karya dari para peserya.

"Sebelumnya 31 Januari, tapi batas penyerahannya diperpanjang menjadi 14 Februari 2020," ujar Koordinator Panitia Lomba Jurnalistik Piala Prapanca 2020 Indro Sulistyo di Surabaya, Jumat.

Keputusan memperpanjang batas waktu penyerahan karya, kata dia, setelah mempertimbangkan sejumlah aspek, salah satunya permintaan dari pengurus PWI di daerah.

Ia mengaku sudah banyak karya dari jurnalis yang masuk ke meja panitia, tapi beberapa pengurus PWI daerah meminta perpanjangan waktu karena ada calon peserta yang belum sempat menyiapkan karyanya.

Karena itulah, kata dia, berdasarkan hasil rapat panitia di Sekretariat PWI Jatim pada Jumat siang, diputuskan untuk memperpanjang batas waktu penyerahan karya lomba.

Lomba yang digelar dalam rangka Hari Pers Nasional 2020 dan HUT Ke-74 PWI itu meliputi karya tulis media cetak dan daring (online), karya foto media cetak dan daring, karya jurnalistik televisi serta karya jurnalistik radio.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim menyampaikan syarat mengikuti lomba adalah wartawan bertugas di Jatim, baik anggota PWI Jatim atau yang bukan, karya perorangan atau kelompok dengan menuliskan nama anggota pada surat pengantar, berbahasa Indonesia, sudah dimuat, ditayangkan dan disiarkan pada 1 Januari hingga 31 Desember 2019 di media massa berbadan hukum.

Untuk karya tulis, lanjut dia, dikirim dalam bentuk kliping yang ditempel di atas kertas ukuran folio, disertai tiga fotokopi serta mencantumkan nama dan waktu penerbitan halaman dan kode atau nama penulis, lalu karya foto hitam putih atau berwarna dengan ukuran sisi terpendek 18 centimeter atau 10 R dan disertai fotokopi bukti pemuatan karya.

Sedangkan, untuk karya jurnalistik televisi kategori feature dengan durasi 5-15 menit dikirimkan dalam bentuk VCD/DVD tiga keping dan naskahnya secara tertulis dengan pencantuman program, waktu dan jam penayangannya.

Kemudian, karya jurnalistik radio kategori feature dengan durasi 5-15 menit yang dikirimkan dalam bentuk VCD/DVD tiga keping dan naskahnya secara tertulis serta mencantumkan, program, waktu dan jam penyiarannya.

"Naskah dikirim ke Sekretariat PWI Provinsi Jawa Timur di Jalan Taman Apsari 15-17 Surabaya 60271," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020