Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memeroleh penghargaan Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jatim.

Penghargaan Maturitas SPIP Level 3 dari BPKP Provinsi Jatim ini diterima oleh Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (20/1) , dan disaksikan langsung Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

"Dengan memeroleh penghargaan Maturitas SPIP Level 3 ini, menunjukkan bahwa kinerja di pemerintahan kami telah tertata secara baik," kata Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto kepada wartawan di Situbondo, Selasa.

Hingga saat ini, menurutnya, tatanan kinerja pemerintah daerah setempat semakin baik dan tertata. Kata dia, tidak menutup kemungkinan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Pemkab Situbondo pada tahun ini juga akan meningkat menjadi A.

Sementara itu, Inspektur Pemkab Situbondo Ahmad Yulianto mengemukakan bahwa penghargaan maturitas SPIP Level 3 diperoleh 30 kabupaten/kota dan salah satunya Situbondo.

"Dengan capaian level 3, berarti SPIP Pemkab Situbondo berada pada tingkat terdefinisi. Artinya, pemkab telah melaksanakan praktik pengendalian internal dan terdokumentasi dengan baik. Namun, evaluasi atas pengendalian internal dilakukan tanpa dokumentasi yang memadai," katanya.

Ia memaparkan, ada level 4 (tingkat terkelola dan terukur) dan level 5 (tingkat optimal). Dan kata Yulianto, untuk saat ini capaian maturitas SPIP di Jatim sampai dengan pada level 3.

Yulianto menambahkan, dengan penghargaan maturitas yang diperoleh Pemkab Situbondo, dinilai sudah cukup matang dalam pengendalian pemerintahan, karen semua unit organisasi terlibat di dalamnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020