Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia, di Surabaya, Senin guna meningkatkan pelayanan di departemen jantung rumah sakit setempat.
 
Direktur RSUD dr Soetomo Joni Wahyuhadi mengatakan, dipilihnya perguruan tinggi asal Malaysia tersebut karena sudah sangat terkenal, baik dalam pendidikan, pelayanan, dan penelitian di bidang yang dikerjasamakan.

"RSUD dr Soetomo diberi tugas untuk mengembangkan pelayanan tersier yakni jantung. IJN sudah terkenal di bidang tersebut. Jadi harapannya bisa memberikan pelayanan yang terbaik dengan adanya kerja sama ini," kata Joni.

Sementara itu Chief Executive Officer and Senior Consultant Cardiologist National Heart IJN Aizai Azan mengatakan, kerja sama ini berlandaskan pada kesamaan kasus penyakit jantung di Indonesia dan Malaysia. 

Dia berharap, kerja sama yang dijalin bisa memberi kemudahan, mengingat penanganan yang diberikan tidak akan jauh berbeda.

"Kasus penyakit jantung di Indonesia dan Malaysia ini banyak yang sama. Jadi kerja sama ini pasti banyak menghasilkan riset yang baik," ujarnya.

Aizai juga memberikan banyak gambaran bagaimana teknologi bedah jantung di IJN. Sebagai rumah sakit khusus jantung paling maju di Malaysia, IJN diakuinya telah melakukan banyak inovasi dalam teknologi mutakhir seperti pada penyakit jantung berlubang, jantung lemah, dan transplantasi jantung. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020