PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai memberlakukan layanan intergrasi secara serentak di seluruh pelabuhannya dengan sistem pelayanan kepelabuhanan berbasis internet bernama Port Operation Command Center atau POCC, seiring meningkatnya aktivitas kapal dan bongkar muat barang di sejumlah pelabuhan.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dalam keterangan persnya di Surabaya, Rabu, mengatakan, POCC merupakan terobosan pelayanan yang diberikan Pelindo III kepada para pemegang kebijakan dan mitra bisnisnya yang ada di empat regional di bawah wilayah kerja Pelindo III, di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

"Harapan kami melalui sistem ini pelayanan kegiatan kepelabuhanan yang selama ini terlaksana bisa semakin cepat dan mudah," katanya.

Ia mengatakan, Pelindo II juga terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam kegiatan kepelabuhan demi kenyamanan para mitra bisnisnya.

POCC, kata dia, akan beroperasi selama 24 jam non-stop dalam 7 hari seminggu dan merupakan sistem layanan digital berbasis internet yang mengatur seluruh aktivitas kepelabuhan baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan.

Nantinya sistem ini menghubungkan antara petugas Pelindo III, stakeholder pelabuhan dan mitra bisnis atau pemilik kapal dalam satu layanan, sehingga semakin mempermudah proses koordinasi di pelabuhan.

Sebelumnya, layanan ini telah diujicoba di regional Jawa Timur pada tanggal 6 Desember 2018, dan hasilnya dalam evaluasi selama beroperasi layanan ini mampu memperingkas pelayanan rata-rata hingga 30 persen dibandingkan dengan sistem sebelumnya.

Melalui POCC beberapa layanan menjadi lebih cepat, di antaranya waktu verifikasi permohonan pelayanan dari semula 1,17 jam menjadi 0,3 jam, kemudian waktu tunggu pelayanan dari yang semula 13,57 menit menjadi 11,34 menit dan waktu pergantian kapal di dermaga dari 4,42 jam menjadi 3,93 jam.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019