Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Kediri, Jawa Timur, menempati peringkat kedua dalam lomba masak ikan tingkat nasional dalam lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Penghargaan ini diterima langsung oleh Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar dari Menteri KKP Edhy Prabowo. Kota Kediri menjadi peringkat kedua pada kategori menu balita," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Kediri Apip Permana di Kediri, Minggu.

Ia mengatakan, Kota Kediri melaju dalam lomba tingkat nasional mewakili Jawa Timur. Kegiatan pemberian penghargaan itu berlangsung pada Sabtu (14/12) di Jakarta Convention Center Hall A-Cedrawasih Room.

Pemberian penghargaan tersebut juga merupakan puncak dari Indonesia Seafood Expo 2019. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ikan Nasional ke-6.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong para kepala daerah terutama di wilayah pesisir untuk ikut membantu menangani stunting.

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, salah satu cara memberantasnya dengan meningkatkan konsumsi ikan.

"Ikan menjadi salah satu solusi memberantas stunting di Indonesia," ujar Edhy.

Edhy menambahkan memberantas stunting menjadi salah satu fokus KKP sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Untuk itu, KKP tidak akan lelah untuk terus mengomunikasikan masalah penangananan stunting tersebut agar menjadi perhatian bersama, baik itu kepala daerah, pelaku usaha, nelayan dan semua pihak yang bergerak di sektor perikanan.

Kota Kediri berhasil meraih penghargaan atas menu yang disajikan karena memiliki cita rasa yang enak. Selain itu juga terdapat inovasi dalam penyajian menu balita.

Selain di 2019, Kota Kediri juga pernah meraih juara pertama dalam perlombaan yang sama pada 2012 kategori menu keluarga, peringkat ketiga kategori kudapan sekaligus juara umum. Ke depan diharapkan Kota Kediri berhasil meraih juara umum kembali. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019