Dinas Perdagangan Kota Madiun, Jawa Timur, menilai harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok di wilayah setempat stabil menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

"Hasil survei dan inspeksi di lapangan, sampai kini belum ada gejolak harga bahan pokok seperti biasanya di pasaran," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Hariyono kepada wartawan di Madiun, Kamis.

Meski terpantau stabil, pihaknya tidak ingin terlena dan terus melakukan pemantauan guna segera menganstisipasi jika terjadi kenaikan.

"Memang momentum Natal dan tahun baru biasanya harga-harga naik. Jika nanti sewaktu-waktu harga naik, kami dan pihak terkait lainnya siap menggelar operasi pasar," kata dia.

Menurut dia, untuk pematauan dan operasi pasar, Pemkot Madiun akan berkerja sama dengan Tim Satgas Pangan, TPID, dan Bulog. Pemantauan terutama dilakukan menjelang cuti bersama Natal dan Tahun Baru.

Berdasarkan pemanatauan, harga komoditas beras, minyak goreng, dan tepung terigu masih normal. Di Pasar Besar Madiun (PBM), harga beras jenis IR 64 mencapai Rp9.000 per kilogram. Sementara beras premium jenis mentik dan bengawan di kisaran Rp10.000 hingga Rp11.000 per kilogram.

Kemudian gula pasir Rp12.000 per kilogram, telur ayam ras Rp23.000 per kilogram, tepung terigu Rp8.000 per kilogram, minyak goreng kemasan Rp25.000 per 2 liter, dan minyak goreng curah Rp10.000 per kilogram.

Selain harga tepantau stabil, pihaknya juga menjamin stok bahan pokok di wilayah Madiun dalam kondisi aman. Diprediksi, harga kebutuhan mulai naik sepekan menjelang Natal dan tahun baru.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019