Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengingatkan warga yang mendaftar untuk rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tidak percaya pada calo, karena sistem rekrutmen kali ini murni berdasarkan hasil tes yang dilakukan secara langsung.

"Jangan percaya kepada siapapun yang menawarkan seseorang bisa meloloskan dalam rekrutmen CPNS kali ini, karena sistem seleksi kali ini murni berdasarkan hasil kemampuan pendaftar," kata Baddrut Tamam di Pamekasan, Jumat.

Bupati mengemukakan hal itu menanggapi kabar yang beredar di masyarakat bahwa rekrutmen CPNS kali ini bisa dilakukan dengan cara melalui orang-orang tertentu.

Menurut bupati, pemerintah telah membuka akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat yang memiliki kemampuan memadai. Pendaftar yang bisa lolos yang memiliki kompetensi keilmuan yang memadai berdasarkan hasil tes, bukan karena kedekatan.

"Jadi, sekali lagi, jangan percaya kepada siapapun yang menjanjikan kelulusan di tes rekrutmen CPNS kali ini," kata Baddrut Tamam.

Sementara itu, pada rekrutmen CPNS kali ini, Pemkab Pamekasan mendapat jatah 450 formasi, dengan tenaga guru terbanyak dibanding formasi lainnya, yakni sebanyak 269 orang. Terbanyak kedua untuk formasi tenaga teknis 120 orang, kemudian tenaga kesehatan yang terdiri dari perawat dan dokter sebanyak 61 orang.

Selain itu, pada rekrutmen CPNS kali ini, Pemkab Pamekasan juga mengalokasikan formasi khusus disabilitas sebanyak 2 persen dari total formasi, yakni delapan orang.

Menurut Kepala Bidang Pengadaan dan Pembinaan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Pemkab Pamekasan Suhartono, pemerintah juga menyediakan alokasi khusus bagi lulusan terbaik dengan pujian dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi A.

"Pendaftaran berkas rekrutmen CPNS kali ini, sudah sejak tanggal 11 November 2019 kemarin melalui situs https://sscasn.bkn.go.id, serentak bersama daerah-daerah lain serta Kementerian Lembaga," katanya, menjelaskan.

Total jumlah CPNS yang akan direkrut pada seleksi penerimaan CPNS kali ini sebanyak 152.286 formasi. Rinciannya untuk instansi pusat di 68 kementerian/lembaga sebanyak 37.425 formasi, sedangkan untuk CPNS daerah sebanyak 114.861 formasi yang tersebar di 462 pemerintah daerah.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019