Aliansi Pelajar Surabaya menggelar orasi kebudayaan menyambut Hari Sumpah Pemuda di sela Hari Bebas Kendaraan di depan Taman Bungkul.

“Kami ingin mengajak masyarakat, khususnya generasi muda agar berusaha mengingatkan kembali memori publik tentang pentingnya memaknai Sumpah Pemuda,” ujar Ketua Aliansi Pelajar Surabaya Seno Bagaskoro di sela orasi kebudayaan.

Bersama sejumlah elemen, orasi kebudayaan digelar dengan sejumlah aksi, seperti pembacaan teks Sumpah Pemuda, orasi dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Pihaknya juga berharap momentum Sumpah Pemuda kali ini sebagai spirit kebangsaan yang diwujudkan melalui pengamalan hidup sehari-hari.

Menurut dia, tantangan zaman di daerah urban seperti tawuran, penyalahgunaan narkoba, tergerusnya semangat egaliter, individualisme dan lainnya harus dapat diminimalisasi oleh generasi muda.

“Harus ada kesadaran bersama dari generasi muda untuk menempatkan Sumpah Pemuda pada ruang apresiatif yang tidak hanya ideologis, melainkan juga praktis dan membumi,” kata eks-pelajar SMA Negeri 5 Surabaya tersebut.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019