Kepolisian Resor Kota Kediri, Jawa Timur, menerjunkan 450 personelnya untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Kediri, yang akan berlangsung pada 30 Oktober 2019.

"Pengamanan pilkades dari Polres Kota Kediri 450 personel, kemudian ditambah rekan dari polsek. Tiap TPS satu anggota polisi, satu babinsa, namun ketika dibutuhkan kami tambahkan lagi," kata Kepala Polresta Kediri AKBP Miko Indrayana di Kediri, Minggu.

Pihaknya telah melakukan patroli ke sejumlah desa yang akan diselenggarakan pilkades di Kabupaten Kediri. Kegiatan patroli gabungan itu diselenggarakan pada Sabtu (19/10) malam dengan melibatkan polisi, brimob, serta Satpol PP Kabupaten Kediri.

Terdapat 51 desa di Kabupaten Kediri yang masuk wilayah hukum Polres Kota Kediri yang akan menyelenggarakan pilkades serentak.

Dari hasil pantauan, diketahui situasi di daerah tersebut masih aman. Bahkan, sejumlah panitia di desa juga sengaja memasang kamera pengintai atau CCTV demi memantau pelaksanaan pilkades agar berlangsung dengan tertib.

"Ini situasi di wilayah Polresta Kediri masih aman. Misalnya di daerah Semen (Kecamatan Semen), kendati ada banyak DPT (daftar pemilih tetap) untuk pengamanan ada CCTV di lokasi kegiatan," ujar Kapolresta.

Pihaknya tetap meminta agar anggota ikut membantu pengamanan pilkades. Untuk panitia, diharapkan juga bisa melakukan tugasnya dengan baik dan tidak segan meminta bantuan dari pengamanan demi terciptanya pilkades yang berlangsung dengan bagus.

"Upaya yang dilakukan panitia dan pihak keamanan cukup bagus, tinggal pelaksanaan. Kami imbau warga dapat menggunakan hak pilih," kata dia.

Terkait dengan daerah rawan, Kapolresta mengatakan dari 51 desa di Kabupaten Kediri yang akan diselenggarakan pilkades serentak dinilai sebagai daerah rawan. Namun, hingga kini situasi masih kondusif. Anggota juga akan bertindak jika ada laporan termasuk temuan judi pilkades.

Pemerintah Kabupaten Kediri akan menyelenggarakan pilkades serentak di 254 desa yang akan berlangsung 30 Oktober 2019. Untuk jadwal pelantikan kepala desa terpilih rencananya akan dilakukan pada Januari 2020.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019