Bandara Internasional Banyuwangi, Jawa Timur, kembali akan membuka rute penerbangan baru rute Banyuwangi-Yogyakarta pulang pergi mulai 19 November 2019.

Dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Banyuwangi, Kamis, kepastian rencana pembukaan rute baru tersebut disampaikan Commercial Operasional Manager Xpress Air Marthias Mailoa. Penerbangan perdana Banyuwangi-Yogyakarta dilakukan pada 19 November mendatang.

"Kami melihat peluang penerbangan yang bagus untuk rute Banyuwangi-Yogyakarta, apalagi rute ini baru pertama kalinya dibuka di Bandara Banyuwangi, tentunya kami tidak ingin melewatkan kesempatan ini," ujar Marthias.

Baca juga: Xpress Air buka jalur penerbangan Banjarmasin-Banyuwangi

Menurut ia, salah satu pertimbangan dibukanya rute baru ini karena Banyuwangi dan Yogyakarta sama-sama mengandalkan sektor pariwisata. Dengan demikian, wisatawan yang berlibur di Yogyakarta bisa langsung menuju Banyuwangi dan sebaliknya.

Sasaran pasar utama, kata Marthias, pada segmen pariwisata, sebab di Banyuwangi dan Yogyakarta memang banyak destinasi wisata yang menjadi jujukan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Marthias mengatakan, selain menyasar wisatawan, rute penerbangan Banyuwangi-Yogyakarta ini juga menyasar segmen mahasiswa, karena Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pelajar dan tempat banyak universitas besar, baik negeri maupun swasta.

"Selain wisatawan, kami juga menyasar mahasiswa, termasuk pengusaha dan unsur birokrasi. Dengan adanya rute baru ini, tentu akan mempercepat pergerakan masyarakat baik pelaku bisnis, pertukaran pelajar, maupun perjalanan dinas," paparnya.

Baca juga: Garuda tambah frekuensi penerbangan Banyuwangi-Jakarta

Ia menjelaskan, untuk rute baru ini, Xpress Air akan terbang dengan pesawat jenis Boeing 737 yang berkapasitas sebanyak 140 kursi. Frekuensi terbang rute Yogyakarta-Banyuwangi PP sebanyak tiga kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Jadwal Yogyakarta-Banyuwangi  pukul 09:20 - 10:40 WIB dan Banyuwangi-Yogyakarta pukul 15:40-17:00 WIB.

"Reservasi tiket pesawat sudah bisa di pesan dari travel agent, laman resmi Xpress Air dan aplikasi tiket daring mulai 16 Oktober 2019. Semoga masyarakat menyambut baik rute penerbangan baru ini," kata Marthias.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut gembira dibukanya rute baru ini. Apalagi Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan pariwisata nasional yang sudah sangat ternama. Dan Bupati Anas berharap dengan dibukanya rute baru Banyuwangi-Yogyakarta akan berdampak positif bagi kunjungan wisata ke Banyuwangi.

"Kami sangat senang Banyuwangi bisa terhubung dengan pusat-pusat pariwisata seperti Yogyakarta dan juga Denpasar yang sudah jalan lebih dulu rute penerbangannya. Kami berharap akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi," kata Anas.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019