Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengajak masyarakat untuk ikut serta memajukan Jatim mengingat berbagai tantangan masih menjadi pekerjaan rumah bersama untuk diselesaikan.

Hal itu diungkapkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Kediri Mandung Sulaksono saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Provinsi Jawa Timur di Halaman Balai Kota Kediri, Sabtu. 

"Patut disyukuri di hari jadinya ke-74 Provinsi Jawa timur telah merasakan kemajuan, walaupun tentunya perjuangan harus terus berlanjut. Karena tantangan yang semakin kompleks dan masih adanya tugas berat yang menanti untuk mengentaskan kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, membangun karakter masyarakat, mengatasi masalah kesehatan, menjaga kelestarian lingkungan dan memitigasi kerawanan bencana, serta merajut harmoni sosial," kata Mandung menirukan tulisan sambutan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan pemerintah juga menekankan dengan membangun sinergi di antaranya bersama forkopimda serta dengan pemerintah kabupaten/kota. Pemerintah provinsi mendorong kepemimpinan yang senantiasa hadir dalam menjaga kehidupan masyarakat yang kondusif. Kejadian bencana alam, dinamika sosial, kesemuanya menjadi bagian dari perjalanan bersama. 

Di tengah dinamika sosial, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga berupaya hadir sebagai pemerintahan yang hadir sebagai pemerintah yang mengayomi, sigap namun bijak dalam bergerak.

Mengenai Nawa Bhakti Satya, ia mengatakan merupakan sebuah nafas yang senantiasa tercermin dalam setiap langkah dan pengabdian insan pemerintah serta masyarakat Jawa Timur. Kesembilan bakti ini menggambarkan prinsip-prinsip yang dihadirkan untuk mencapai kemajuan Jawa Timur yang menyejahterakan setiap insan di Provinsi Jawa Timur. Nawa Bhakti Satya tersebut ialah Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Argo, Jatim Berdaya, Jatim Amanah, dan Jatim Harmoni.

Pelaksanaan Nawa Bhakti Satya, lanjut dia, saat ini masih di tahap awal. Namun sudah ada capaian yang konkrit. Capaian yang ada diharapkan senantiasa semakin membangun optimisme, bahwa dengan teguh bekerja bersama maka Nawa Bhakti Satya bisa membawa menuju cita-cita Jawa Timur yang maju dan sejahtera.

Mandung Sulaksono bertindak sebagai inspektur upacara dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Provinsi Jawa Timur tersebut. Kegiatan peringatan itu mengambil tema "Semangat Nawa Bhakti Satya, Untuk Jawa Timur Maju Sejahtera". Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan Forkopimda Kota Kediri, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, dan perwakilan organisasi wanita Kota Kediri. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019