Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah ke makam Gubernur Pertama Jatim, yakni Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo yang berada di Jalan Salak, Kabupaten Magetan, Jumat.

Dalam kegiatan ziarah yang berlangsung sekitar pukul 10.30 WIB tersebut, Khofifah langsung memimpin upacara penghormatan kepada Pahlawan Nasional Gubernur Soerjo dan melakukan tabur bunga di makam Gubernur Jatim yang pertama tersebut.

Khofifah juga mengajak jajarannya dan warga Jawa Timur untuk mengenang dan meneladani sikap Pahlawan Nasional Gubernur Soerjo yang gugur dalam mempertahankan NKRI dari penjajahan Belanda dan pemberontakan PKI.

"Kita semua diajarkan guru-guru kita bahwa sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Saya ingin anak-anak mengenali bagaimana beratnya perjuangan membangun Jawa Timur sampai bisa maju seperti ini," ujar Gubernur Khofifah dalam kesempatan tersebut.

Ia menyatakan, Gubernur Soerjo selain sebagai pahlawan nasional juga merupakan peletak dasar dan pembabad "alas" di Jawa Timur.

Sosok Gubernur Soerjo sebagai pahlawan nasional dalam mempertahankan kesatuan NKRI merupakan bentuk revolusi mental yang saat ini sedang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Sikap Gubernur Soerjo merupakan salah satu contoh revolusi mental bangsa. Bagi warga Jawa Timur, tidak boleh tidak tahu dan tidak kenal tentang Gubernur Soerjo," kata dia.

Ziarah ke makam Gubernur Pertama Jatim Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Provinsi Jawa Timur. Adapun Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo semasa hidupnya menjabat sebagai Gubernur Pertama Jawa Timur pada tahun 1945 hingga tahun 1948.

Dalam ziarah tersebut Khofifah didampingi Bupati Magetan Suprawoto dan pejabat Provinsi Jawa Timur. Seusai ziarah makam, Khofifah beserta rombongan dijadwalkan menuju RSUD dr Soedono Madiun untuk meninjau kegiatan bakti sosial operasi katarak. (*)
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019