Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat ada tiga warga Situbondo yang merantau ke Wamena, Provinsi Papua, saat ini masih menunggu jadwal pemulangan bersama perantau lainnya.

"Informasi yang kami terima, tiga orang warga Situbondo tersebut sudah diamankan di Pos Sentani Al Aqsa pascakerusuhan di Wamena," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo Lutfi Joko Prihatin di Situbondo, Senin.

Ketiga orang perantau asal Situbondo itu sudah masuk data warga perantau di Kementerian Sosial bersama 438 perantau lainnya asal Jawa Timur.

Tiga warga Situbondo yang menunggu pemulangan dari Papua itu semuanya laki-laki, yakni Tolak Astani, Horis dan Nashudi Ardi Basari.

"Kami sudah menerima data ketiga warga tersebut dari Kementerian Sosial pada 4 Oktober 2019. Saat ini kami masih mencari alamat lengkapnya, karena data yang kami terima tidak disebutkan nama desa dan kecamatan," ujarnya.

Lutfi menambahkan, Dinas Sosial Situbondo terus berkoordinasi dengan Dinsos Jatim terkait pemulangan ketiga warga Situbondo dan Dinsos akan menyiapkan penjemputan ke Surabaya jika memang diperlukan.

"Sementara kami baru menerima tiga nama warga yang merantau ke Wamena. Sesuai data Kementerian mereka sudah berada di Pos Sentani Al Aqsa," tuturnya.

Lutfi meminta warga Situbondo proaktif melaporkan ke Dinas Sosial atau melalui kepala desa dan camat, jika memiliki anggota keluarga yang merantau dan bekerja di Wamena, Papua.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019