Ratusan orang peserta mengikuti kegiatan bertajuk "gowes seduluran serikat pekerja" se -Jawa Timur dalam rangkaian kegiatan peringatan hari buruh yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur.

"Serikat pekerja mempunyai peran yang signifikan dalam memperjuangkan nasib pekerja atau buruh terutama pemenuhan hak-hak pekerja," kata Deputi Direktur Wilayah Jawa Timur Dodo Suharto, Sabtu.

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menjalin sinergitas bersama serikat pekerja dalam meningkatkan keterikatan serikat pekerja akan pentingnya kepesertaan pekerja dalam jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Sebelum kegiatan gawes ini, kami juga melaksanakan seminar ketenagakerjaan, dan juga Training of Trainers Serikat Pekerja," katanya.

Ia juga mengimbau pada seluruh pengusaha dan pekerja baik penerima upah, bukan penerima upah, pekerja jasa konstruksi, nonaparatur sipil negara serta pekerja migran Indonesia untuk memproteksi diri dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Hal ini merupakan bukti nyata negara hadir untuk memberikan kepastian perlindungan atas risiko sosial dan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Ahmad Fauzi selaku ketua DPD SPSI Jatim pada kesempatan yang sama mengaku jika pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini.

"Ini seperti kegiatan nasional karena pesertanya tidak hanya berasal dari Jawa Timur. Ada beberapa peserta tamu undangan yang berasal dari luar Jawa Timur," katanya.

Ia mengakui, pada kegiatan ini tidak ada lagi bendera SPSI, atau juga Sarbumusi, tetapi semuanya membaur menjadi satu.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, diharapkan bisa berlangsung pada tahun-tahun yang akan datang," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019