Website milik Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, diretas, sehingga laman tersebut tidak dapat diakses selama beberapa waktu lamanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Madiun Sawung Rehtomo mengatakan peretasan portal milik BKD Kabupaten Madiun yang beralamatkan bkd.madiunkab.go.id tersebut diketahui pada Jumat pagi.

"Kami mendapat informasi sekitar pukul 08.10 WIB bahwa website BKD diretas. Tim IT dari Kominfo segera memperbaiki tampilan halaman BKD yang diretas dan alhamdulillah sudah bisa sekitar jam 09.00," ujar Sawung kepada wartawan di Madiun, Jumat.

Menurut dia, saat diretas tampilan laman website menjadi warna hitam dengan tulisan Hacked By Dev19Feb ft Kowalskyi dan juga terdapat gambar tokoh manga One Piece, Monkey de Luffy.

Selain itu, di bagian bawah gambar, peretas juga meninggalkan pesan bertuliskan Tolak RKUHP. Serta semacam kode bertuliskan My Friends : Vlyn - HOd3_ 94n - M4L1KL8590 - 213 _90n6 - HarisID - Kowalskyi.

Sawung mengatakan, peretas hanya mengubah tampilan halaman sehingga pengguna tidak dapat mengakses. Namun, tidak menutup kemungkinan peretas juga mengambil data-data penting.

Terkait hal itu, pihaknya bersama jajaran akan lebih waspada dan meningkatkan keahlian mencegah adanya serangan peretas semacam ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Persandian Diskominfo Kabupaten Madiun Juwarto, mengatakan sebelumnya sudah ada dua OPD di lingkungan Pemkab Madiun yang websitenya diserang oleh peretas.

"Sebelumnya sudah ada dua OPD yang diserang bulan ini. Yakni Disnaker dan Kominfo," kata dia.

Menyikapi hal tersebut, dalam waktu dekat ini tim dari Dinas Kominfo Kabupaten Madiun akan mengikuti bimtek dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Selain itu, pihaknya juga akan membentuk tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT). Hal itu untuk mengantisipasi serangan peretas semacam ini.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019