Gelaran Jazz Gunung Ijen di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kembali akan digelar pada 21 September 2019 dengan menghadirkan artis Tompi dan Yura Yunita.

Jazz Gunung Ijen yang merupakan bagian dari Banyuwangi Festival digelar di Amphiteater Taman Gandrung Terakota yang berada di kawasan Jiwa Jawa Resot Kecamatan Licin, tepatnya di kaki Gunung Ijen, ketinggian 600 mdpl.

Di lokasi pelaksanaan Jazz Gunung Ijen, ini menawarkan pemandangan dengan latar belakang kawasan persawahan dengan ratusan patung terakota penari gandrung.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Rabu, mengatakan Jazz Gunung Ijen  telah menjadi rangkaian festival musik jazz yang rutin digelar setiap tahun, dan even ini turut mewarnai beragamnya atraksi pariwisata di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Banyuwangi mempunyai destinasi wisata yang lengkap, ada pantai, hutan dan gunung. Semuanya ada. Jazz Pantai sudah kami gelar Agustus lalu dan sekarang saatnya Jazz Gunung Ijen yang melengkapi atraksi wisata di kawasan pegunungan kami. Musisi jazz nasional seperti Tompi dan Yura Yunita siap menghibur para penikmat jazz, dan tak lupa Djaduk Ferianto's Ring of Fire Project juga akan tampil," kata Bupati Anas.

Jazz Gunung Ijen akan menjadi salah satu gelaran musik yang spesial, mengingat kapasitas pengunjung hanya 800 orang, membuat suasana acara ini menjadi lebih intim dan hangat akan interaksi antara penampil dengan penonton yang hadir.

Terlebih lagi, Jazz Gunung Ijen juga menjadi bagian kalender wisata Majestic Banyuwangi Festival 2019.

Pengelola Jiwa Jawa Ijen, Bagas Pramono mengemukakan jazz gunung hadir dengan energi yang sama "Jazz Bersaksi Untuk Ibu Pertiwi".

Jazz Gunung Ijen melanjutkan pesan bahwa musik jazz sebagai sebuah simbol kebebasan berekspresi, menyuarakan perlawanan, hingga semangat perubahan, ialah sedikit dari banyaknya makna jazz dikehidupan kita.

"Menariknya, jazz juga hadir sebagai harmonisasi dari segala perbedaan yang ada," kata Bagas.

Pada tahun ini, Jazz Gunung Ijen turut dimeriahkan oleh musisi-musisi idola tanah air, di antaranya adalah Djaduk Ferianto's Ring of Fire Project feat, Endah Laras dan Ricad Hutapea menampilkan repertoar lagu-lagu Didi Kempot, Tompi yang siap membawakan tembang-tembang populernya.

"Juga ada Yura Yunita seorang penyanyi muda berbakat yang baru saja merilis album keduanya bertajuk Merakit, Parkdrive band acid-jazz, soul, funk, RNB yang baru saja kembali bersama album terbarunya setelah satu dekade dari dunia permusikan, dan MLD Jazz Project Season 4," katanya.

Bintang Mencari Bintang yang merupakan proyek pemain bass Bintang Indrianto dalam mencari talenta-talenta, dari muda-mudi Banyuwangi untuk tampil di jazz Gunung Ijen 2019.

Untuk mendapatkan tiket Jazz Gunung Ijen, bisa didapatkan melalui situs www.jazzgunung.com. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019