Sebanyak 40 musisi anggota Worldship Orchestra (WSO) asal Jepang mengunjungi  SLB-A YPAB Surabaya dalam rangka mengenalkan orkestra dan alat musik kepada anak berkebutuhan khusus.

Menurut Lintang Suminar, salah satu lokal koordinator WSO, saat ditemui di sela kegiatan di Surabaya, Jumat, kedatangan musisi orkestra Jepang ini dalam rangka Asian Summer Tour sekaligus ingin memberikan pengalaman kepada anak-anak berkebutuhan khusus dan masyarakat Surabaya untuk menikmati orkestra secara gratis.

"Tujuannya adalah memperkenalkan orkestra dan musik klasik kepada anak-anak sejak usia dini, terutama anak-anak berkebutuhan khusus, karena kan biasanya jarang punya akses," ujarnya.

Lintang mengatakan musisi yang datang adalah musisi orkestra profesional di bidangnya yang beranggotakan pelajar SMA, mahasiswa dan musisi senior dari berbagai kota di Jepang.

"Dari berbagai usia, ada yang masih SMA, mahasiswa dan ada yang sudah bekerja," lanjutnya.

Kepala Sekolah SLB-A YPAB Surabaya Sutaryono berharap dengan kedatangan musisi WSO asal Jepang ini siswanya memiliki tambahan wawasan terkait musik.

"Saya berharap anak-anak punya wawasan soal musik. Tapi, ternyata tadi kan antusias untuk belajar ada, banyak yang mencoba berbagai alat musik," katanya.

Terdapat berbagai macam alat musik orkestra yang dibawa dari kelompok musik asal Jepang itu, seperti violin, biola, oboe, clarinet, bassoon, dan flute.    

Komunitas Worldship Orchestra akan mengadakan mini konser gratis pada Jumat dan Sabtu (24/8) di Ballroom Palm Park Hotel Surabaya.

Selain Indonesia, mereka juga dijadwalkan mengunjungi berbagai negara Asia, seperti Kamboja, Filipina, dan Thailand. (*)

Pewarta: Wahyu Gaman

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019