Polda Jawa Timur akan membantu mengamankan pelaksanaan pemilihan kepada desa yang akan digelar secara serentak di Kabupaten Pamekasan pada 11 September 2019, kata Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo.

"Sebab kalau hanya menerjunkan personel yang ada di Pamekasan, tidak akan cukup, karena jumlah personel Polres Pamekasan terbatas," ujarnya di Pamekasan, Senin.

Ia menjelaskan, bantuan personel dari Polda Jatim yang akan mengamankan pelaksanaan pilkades serentak di Pamekasan itu, dari unsur Brimob.

Selain itu, Polres Pamekasan juga meminta bantuan instansi samping, seperti TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Pamekasan.

"Tentunya Linmas juga kami libatkan dalam pengamanan pelaksanaan pilkades nanti," kata kapolres.

Menurutnya, total jumlah personel yang akan diterjunkan dalam pengamanan pilkades serentak sebanyak 3.799 personel, yang merupakan gabungan dari unsur polisi, TNI, Satpol PP, dan Linmas.

Pilkades serentak pada 11 September 2019 akan digelar di 93 desa yang tersebar di 13 kecamatan Kabupaten Pamekasan.

Tahapan pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa ini telah dimulai sebulan lalu, bahkan sebagian panitia pelaksana di tingkat desa telah menetapkan calon dan mengundi nomor urut calon kepala desa.

"Kami berharap, semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan, aman dan kondusif," kata kapolres.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019