Ratusan siswa SD Negeri 4 Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (16/8) malam menggelar malam renungan suci untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan bangsa Indonesia yang gugur di medan perang,.

Kegiatan malam renungan suci menyambut HUT Ke-74 Republik Indonesia di SDN 4 Jangkar, Kecamatan Jangkar, ini merupakan tahun kedua dilaksanakan atas inisiasi komite dan guru sekolah dasar setempat.

Kegiatan malam renungan suci yang digelar di halaman sekolah ini berlangsung takzim dan sunyi. Ratusan siswa menyalakan lilin di saat pembacaan naskah renungan suci.

Selain itu, ratusan siswa sekolah dasar bersama-sama menyanyikan lagu Gugur Bunga. Salah satu lagu wajib nasional ini tidak lain untuk menghormati pahlawan Indonesia yang telah gugur di medan perang.

"Pelaksanaan malam renungan suci ini merupakan inisiatif pengurus komite beserta guru. Tujuannya mengedukasi siswa untuk menghargai dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur saat mempertahankan kemerdekaan RI," kata Ketua Komite SDN 4 Jangkar Situbondo, Ulfiyah.

Ulfiyah juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengingat kembali sejarah perjuangan para pahlawan yang gugur saat berjuang merebut kemerdekaan RI.

Ia berharap generasi muda sebagai penerus bangsa mengetahui bahwa betapa sulitnya para pahlawan merebut kemerdekaan dengan melawan penjajah.

"Kami sebagai pengurus paguyuban di SDN 4 Jangkar berkomitmen menjaga nama baik sekolah, berperan aktif melaksanakan program kerja, menjadi teladan bagi wali murid dalam sikap dan perbuatan, serta kami berkomitmen meluangkan waktu, pikiran dan tenaga untuk sekolah," katanya.

Dalam pantauan, sebelum dilaksanakan malam renungan suci, ratusan siswa SDN 4 Jangkar juga melaksanakan pawai obor, dari Kantor Desa Jangkar menuju halaman sekolah.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019