Pelaku usaha pada sektor toko ritel modern memberikan bantuan berupa paket perlengkapan sekolah kepada anak-anak kurang mampu di wilayah Kota Batu, Jawa Timur.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa bantuan yang diberikan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Malang (Alfamart) tersebut diharapkan mampu memberikan semangat kepada anak-anak untuk belajar lebih giat lagi.

"Ini untuk penyemangat mereka, terutama untuk murid-murid yang sangat terbatas dalam hal ekonomi," kata Dewanti, di Balai Kota Among Tani Kota Batu, Jawa Timur, Senin.

Dewanti menjelaskan, penyaluran bantuan yang didapatkan dari toko ritel modern tersebut berupa 100 paket perlengkapan sekolah, seperti tas, seragam, dan alat tulis. Untuk wilayah Kota Batu sendiri, mendapatkan alokasi bantuan perlengkapan sekolah sebanyak 200 paket.

Menurut Dewanti, pemberian paket bantuan perlengkapan sekolah tersebut sesungguhnya sudah direncanakan beberapa waktu lalu. Namun, dikarenakan menunggu momen masuknya anak-anak sekolah, baru terlaksana pada Senin (15/7).

Sementara itu, Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya Malang (Alfamart) Hadi Susanto menyatakan bahwa, bantuan berupa paket perlengkapan sekolah tersebut berasal dari donasi para konsumen yang berbelanja di Alfamart di seluruh Indonesia.

"Ini merupakan donasi dari para konsumen Alfamart. Setelah terkumpul, kami bekerja sama dengan Lazis Muhammadiyah untuk penyalurannya," kata Hadi.

Hadi menjelaskan, total donasi dari para konsumen tersebut terkumpul sebesar Rp4,29 miliar untuk periode 1 Juli hingga 31 Desember 2018. Donasi tersebut, diserahkan kepada Lembaga Zakat Infaq dan Sadaqah (Lazis) Muhammadiyah untuk dikelola dan kemudian disalurkan.

Dari total donasi yang terkumpul, dipergunakan untuk menyiapkan sebanyak 6.500 paket perlengkapan sekolah, termasuk biaya renovasi sekolah, dan juga bantuan kepada anak-anak korban bencana alam.

Penyaluran bantuan tersebut diharapkan mampu membantu masyarakat kurang mampu dalam menyiapkan perlengkapan sekolah, di seluruh wilayah Indonesia. Untuk Kota Batu Jawa Timur mendapatkan bantuan sebanyak 200 paket perlengkapan sekolah. (*)
 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019