Di pengujung Ramadhan 1440 Hijriah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi sejumlah warga lanjut usia (lansia) penerima program Rantang Kasih, yakni program yang mendistribusikan makanan bergizi gratis setiap hari kepada ribuan warga kurang mampu.

Dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Banyuwangi, Senin, Anas mengunjungi salah satu penerima program Rantang Kasih, yaitu Ibu Sehati (90) di Dusun Jajangsurat, Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi.

"Selama libur Lebaran ini, saya ingin memastikan layanan-layanan sosial ke masyarakat kurang mampu, seperti untuk para lansia ini, terus berjalan dengan baik. Program Rantang Kasih harus jalan, lansia yang kondisinya sakit juga tetap dipantau oleh puskesmas," katanya.

Menurut ia, Dinas Kesehatan terus diingatkan untuk melakukan supervisi pemberian makanan gratis menyehatkan.

Dalam kesempatan itu, Anas juga mengajak masyarakat untuk memperhatikan tetangga sekitarnya yang kurang mampu.

"Sebelum sedekah di tempat lain, pastikan tetangga sekitar tidak ada yang kekurangan dalam menyambut Lebaran," ujarnya.

Ibu Sehati selama ini hidup sebatangkara dan suaminya telah meninggal belasan tahun silam, dan begitu pula dengan ketiga anaknya telah meninggal dunia. Hanya ada tiga orang cucu saja yang masih hidup.

"Tapi tinggalnya jauh, ada yang di Rogojampi, ada yang Cluring, yang tinggal di sini masih belum menikah, tapi, rumahnya pisah," kata Ibu Sehati.

Ibu Sehati mengaku beruntung dengan adanya program Rantang Kasih, dan program tersebut sangat membantu saya. Kalaua puasa mengirim makanannya sore hari dan jumlahnya sudah cukup untuk makan tiga kali sampai sahur.

Kediaman Ibu Sehati juga telah mendapatkan bantuan bedah rumah, dari yang sebelumnya berupa bilik bambu telah diganti dinding tembok dan serta dilengkapi dengan toilet.

"Alhamdulillah sekarang sudah nyaman, tidak bocor lagi kalau hujan," tuturnya dengan berbahasa khas Suku Osing, suku asli Banyuwangi.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Ibu Sehati masuk dalam program Rantang Kasih dan para lansia miskin mendapatkan kiriman rantang makanan siap saji setiap hari secara gratis.

Total seluruh penerima program Rantang Kasih tercatat ada 3.071 penerima, sedangkan dananya berasal dari kolaborasi APBD Banyuwangi, Badan Amil Zakat dan alokasi dana desa.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019