Puluhan warga Tionghoa Situbondo, Jawa Timur, Jumat, membagikan ribuan takjil gratis kepada umat Muslim yang saat ini tengah menjalani ibadah puasa
, sebagai bentuk toleransi dan wujud kebersamaan antarumat beragama.

"Kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap tahun. Tujuannya adalah memberikan suatu tauladan kepada semua orang bahwa kita hidup bersama di sini, bagian toleransi dan kebersamaan, di mana saat ini saudara kita sedang menjalankan ibadah puasa," kata Ketua Perkumpulan Warga Tionghoa Situbondo, Linda, di sela membagikan takjil di depan kantor Polres Situbondo.

Dalam kegiatan bagi-bagi takjil gratis ini, katanya, juga diikuti oleh para pelajar warga Tionghoa sekaligus menjadi contoh  langsung bagaimana hidup bermasyarakat dan bertoleransi di Indonesia menjadi satu tujuan bisa hidup damai berdampingan dengan seluruh pemeluk agama.

"Pada tahun ini tema bagi-bagi takjil ini yaitu 'berbagi itu indah" dan oleh karenanya kami mengajak adik-adik yang masih sekolah (pelajar) turut membagikan takjil," ujarnya.

Dalam pembagian sekitar 5.000 takjil oleh warga Tionghoa di depan Kantor Polres Situbondo, juga didampingi oleh Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono.

Satu persatu pengendara roda dua maupun roda empat yang melintas baik dari dua arah, langsung disuguhi takjil gratis oleh warga Tionghoa.

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019