Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyiapkan 35 unit bus mudik gratis untuk tujuh kota/kabupaten tujuan di Jawa Timur guna memudahkan masyarakat yang ingin pulang kampung merayakan Lebaran 1440 Hijriah.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo Edi Sutiono di Sidoarjo, Rabu, mengatakan program mudik bareng gratis itu akan dilaksanakan pada 3 Juni dan rencananya dilepas keberangkatannya oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

"Warga yang ingin mengikuti mudik bareng gratis ini syaratnya hanya menyerahkan fotokopi KK (kartu keluarga) dan KTP," katanya.

Ia menjelaskan pendaftaran mudik bareng gratis telah dimulai pada 15 April dan hingga hari ini sebanyak 790 kursi sudah terisi, dari kuota 1.750 kursi yang tersedia.

"Dari total 1.750 kursi yang tersedia, sebanyak 790 kursi sudah terisi, sementara kursi yang kosong tersisa 960 kursi," katanya.

Ia menjelaskan tujuh kabupaten/kota yang menjadi tujuan mudik gratis tahun ini meliputi Banyuwangi sebanyak empat bus, Jember (4), Bojonegoro (1), Blitar (1), Ponorogo (9), Magetan (9), dan Trenggalek (7).

"Untuk mengikuti mudik bareng gratis di Pemkab Sidoarjo, syaratnya hanya membawa fotokopi KK dan KTP, serta mengisi formulir pendaftaran di Kantor Dishub Sidoarjo," katanya.

Suwandi, salah seorang calon peserta mudik gratis, mengatakan dirinya sangat beruntung bisa menggunakan fasilitas mudik gratis yang diselenggarakan Pemkab Sidoarjo.

"Kami beruntung dan berterima kasih kepada Pemkab Sidoarjo karena bisa memberikan fasilitas mudik gratis ini. Semoga ke depan lebih banyak armada yang disiapkan supaya yang terangkut jadi semakin banyak," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019