Ribuan warga Kota Madiun, Jawa Timur antusias menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2019 yang diperkirakan jatuh pada Senin (5/5) dengan menggelar pawai obor. 

"Pawai obor ini bentuk perhatian masyarakat khususnya anak-anak Kota Madiun agar bergembira menyambut bulan Ramadhan," ujar Wali Kota Madiun Maidi saat memberangkatkan konvoi pawai obor di halaman Masjid Agung Baitul Hakim Alun-Alun Kota Madiun, Sabtu (4/5) malam.

Pawai tersebut diikuti oleh sekitar 3.000 lebih peserta dari pelajar tingkat SMP dan SMA di Kota Madiun. Adapun, jalan depan Masjid Agung Baitul Hakim sebagai titik awal pemberangkatan.

Menurut Maidi, kegiatan pawai obor merupakan salah satu euforia umat muslim di Kota Madiun dalam menyambut ramadhan. Dengan demikian, masyarakat Kota Madiun siap menunaikan ibadah puasa dengan rukun dan damai.

"Pawai ini juga sebagai bentuk syukur dan kesiapan umat muslim di Kota Madiun dalam menyambut dan melaksanakan rutinitas selama ramadhan," kata Maidi.

Maidi menyebut akan ada banyak kegiatan untuk meningkatkan keimanan warga Kota Madiun selama bulan amadhan. Di antaranya, tarawih, tadarus bersama, sahur dan buka puasa bersama, safari salat Jumat dan Nuzulul Quran.

Pihaknya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim Kota Madiun. Wali Kota juga mengajak warga senantiasa meningkatkan ibadah dari sebelumnya.

"Atas nama Pemerintah Kota Madiun, mari semua umat islam khususnya di Kota Madiun untuk melaksanakan puasa dan ibadah lain di bulan suci ini dengan sebaik-baiknya," kata Maidi.

Sementara, kegiatan pawai obor di Kota Madiun berlangsung lancar. Para siswa sangat senang dan antusias dengan kegiatan tahunan tersebut. 

Selain Wali Kota Madiun, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya dan anggota Forkopimda Kota Madiun. Kegiatan tersebut mendapat pengamanan ketat dari anggota Polres Madiun Kota. (*)


 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019