Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri kegiatan serah terima jabatan (sertijab) Wali Kota Madiun dari pejabat sebelumnya Sugeng Rismiyantto kepada Wali Kota Madiun Maidi melalui rapat paripurna di kantor DPRD Kota Madiun, Kamis.

Proses sertijab berlangsung khidmat dan lancar. Dengan sertijab tersebut, Wali Kota Madiun Maidi dan Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya yang baru dilantik pada 29 April 2019 menyatakan akan semakin tancap gas untuk bekerja mewujudkan visi dan misi.

"Kondisi Kota Madiun saat ini perlu diapresiasi. Capaian yang diraih oleh pemimpin sebelumnya harus dijaga dan ditingkatkan," kata Gubernur Khofifah dalam sambutannya.

Pihaknya mengaku bangga dengan capaian sejumlah hal baik di Kota Madiun. Di antaranya adalah capaian indeks pembangunan manusia (IPM), peningkatan perekonomian, serta penekanan kemiskinan.

IPM Kota Madiun saat ini melebihi Jatim yang hanya 70,77 pada tahun 2018. Kota Madiun sudah mencapai 80,03 atau kategori sangat baik.

"Namun, angka pengangguran terbuka perlu ditekan lagi. Tidak menutup kemungkinan anak-ana muda masuk dalam "starup". Saya juga telah menginstruksikan ke Pak Wagub untuk menyelenggarakan milenial 'job center' berbasis bakorwil (badan koordinasi wilayah)," kata Khofifah.

Sementara itu, Wali Kota Maidi mengatakan visi dan misinya terangkum dalam Panca Karya. Yakni Madiun Kota Pintar, Madiun Kota Melayani, Madiun Kota Membangun, Madiun kota Peduli, dan Madiun Kota Terbuka.

"Panca Karya itu dijabarkan ke dalam 33 program unggulan. Setelah sertijab ini, dalam waktu dekat saya akan melakukan rapat koordinasi terkait pelaksanaan program tahun anggaran 2019," katanya.

Adapun, proses sertijab diawali dengan penandatanganan berita acara oleh Wali Kota purnatugas Sugeng Rismiyanto, Wali Kota Maidi, dan Gubernur Jatim Khofifah. Sertijab kemudian dilanjutkan penyampaian misi dan visi Wali Kota Maidi.

Maidi menambahkan, pihaknya bersama Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya siap bekerja mewujudkan Kota Madiun yang maju dan semakin sejahtera. (*)


 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019