Bupati Kediri Haryanti Sutrisno memastikan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Kediri berlangsung dengan tertib dan aman, serta meminta semua pihak untuk menjaga kerukunan. 

"Baik masa kampanye dan selesai kegiatan Pemilu 2019, saya harap tetap tertib, aman dan masyarakat tetap rukun menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Bupati di Kediri, Kamis.

Bupati dengan suami Sutrisno bersama keluarga termasuk anak serta menantu, juga telah memberikan hak suaranya di TPS 11 Wisma Katang Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem. 

Setelahnya, Bupati Kediri melakukan patroli bersama forkopimda melakukan pemantauan pelaksanaan pemilu di sejumlah lokasi wilayah Kabupaten Kediri saat hari-H pemilu, Rabu (17/4). Hasilnya, masyarakat ternyata sangat bersemangat memberikan hak suaranya. 

Misalnya, TPS yang dikunjungi adalah TPS 2 dan 3 di Desa Turus, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Pelaksanaan pemungutan suara di kedua TPS berjalan lancar. Warga juga antre dengan tertib serta sangat antusias memberikan hak pilihnya.

Bupati dengan Kapolres Kediri AKBP Ronny Faisal Saiful Faton saat itu juga sempat dialog dengan petugas tentang situasi dan kondisi di TPS. Secara umum kegiatan pemilihan di TPS 002 dan 003 berjalan aman, tertib dan lancar.
 
Kapolres Kediri AKBP Ronny Faisal Saiful Faton mengungkapkan di Kabupaten Kediri pelaksanaan pemilu juga relatif aman dan kondusif.

"Secara keseluruhan kami mengerahkan personel untuk pengamanan dan pemantauan Pemilu 2019. Patroli terus kami lakukan demi keamanan kita bersama. Polres Kediri all out dalam pengamanan dan demi suksesnya Pemilu 2019," tegasnya.

Sementara itu, saat hari-H Pemilu 2019, Rabu (17/4), semua pihak di Kabupaten Kediri juga turun ke lapangan memantau proses pemilu. 

Kejari Kabupaten Kediri Subroto dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Kediri Sulkani juga mengunjungi TPS 02 Desa Kayen Kidul Kecamatan Kayen Kidul. Didampingi Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Kominfo, Camat Kayen Kidul, Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Kediri.

Kajari Kabupaten Kediri Subroto mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya menjaga kondusivitas pelaksanaan Pemilu 2019, dengan harapan pemilu berjalan aman, tertib dan lancar.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019