Sebanyak 947 prajurit anggota tetap, prajurit siswa, pegawai negeri sipil, dan anggota Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) ke-73 tahun 2019.

Donor darah yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi, Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Senin, ditinjau langsung Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Dedy Yulianto dan Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny Anti Dedy Yulianto. Sejumlah pejabat utama Kodiklatal juga turut hadir, di antaranya Wadan Kodiklatal dan para direktur Kodiklatal.

Kegiatan ini melibatkan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Bangkalan, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Jombang.

Di sela kunjungan itu, Laksda TNI Dedy Yulianto mengapresiasi antusiasme para prajurit dan PNS Kodiklatal dalam pelaksanaan donor darah dan menyebut kegiatan sosial ini sebagai bentuk kepedulian prajurit Kodiklatal terhadap masyarakat yang membutuhkan darah.
Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Dedy Yulianto (kiri) dan Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny Anti Dedy Yulianto saat meninjau kegiatan donor darah dalam rangka Hardikal ke-73 di Gedung Moeljadi, Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Senin (15/4/2019).


Sementara itu, Kasi kegiatan donor darah Hardikal ke-73 Letkol Laut (K) Sujoko, SMPh, yang juga Komandan Sekolah Perwira Kesehatan (Dansepakes) Pusdikes Kodikdukum Kodiklatal menyampaikan bahwa pelaksanaan donor darah tahun ini berbeda dengan kegiatan serupa tahun sebelumnya.

Dalam pelaksanaan tahun ini tidak melibatkan prajurit atau personel di luar Kodiklatal. Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya yang melibatkan prajurit dari Kotama lain, yaitu Akademi Angkatan Laut (AAL), Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Koarmada II, Pasmar 2, Lantamal V, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Mabesal.

"Alhamdulillah, walaupun hanya diikuti prajurit Kodiklatal bisa terkumpul 947 kantong darah. Adapun kantong darah tersebut selanjutnya didistribusikan ke lima kantor cabang PMI, yakni PMI Bangkalan, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Jombang," jelasnya.
 
Panitia donor darah berharap stok darah dari kegiatan kali ini mampu untuk memenuhi kebutuhan darah di lima cabang PMI tersebut sampai satu bulan ke depan.

Salah satu petugas PMI Jombang menyampaikan bahwa kebutuhan darah di daerahnya mencapai sekitar 2.000 kantong setiap bulan.

"Dengan kegiatan donor darah di Kodiklatal ini, semoga stok darah di PMI Jombang aman dan dapat memenuhi permintaan dari beberapa rumah sakit yang ada di Jombang," ujarnya. (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019