PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kediri, Jawa Timur, menjadikan Agen46 sebagai mitra penyalur program bantuan sosial dari pemerintah. 

"Agen46 juga dapat melayani penyaluran bansos baik PKH maupun BPNT dibawah pengawasan Dinas Sosial dan Himbara yang betugas melayani penyaluran BPNT (bantuan pangan nontunai) ke KPM (keluarga penerima manfaat) setiap bulan," kata Pemimpin BNI Cabang Kediri Yari Yudho Purwanto di Kediri, Jumat.

Ia mengemukakan sebagai salah satu anggota himpunan bank negara (Himbara) pelaksana program bantuan sosial, BNI Kantor Cabang Kediri saat ini sudah membentuk Agen46 yang tersebar di 26 kecamatan se-Kabupaten Kediri.

Agen46 adalah perorangan atau badan usaha yang menjadi kepanjangan tangan BNI dalam menyediakan transaksi perbankan dan layanan keuangan digital yang lebih dekat dengan masyarakat. Pembentukan Agen46 merupakan salah satu bagian dari dukungan BNI terhadap program peningkatan inklusi dan literasi keuangan yang dikembangkan oleh otoritas jasa keuangan (OJK).

Sama seperti tagline BNI "Melayani negeri kebanggaan bangsa", Agen46 difungsikan sebagai instrumen yang mampu meningkatkan kegiatan ekonomi di segala lapisan masyarakat, karena Agen46 lebih cepat, lebih mudah, lebih dekat. 

BNI juga telah menyiapkan sistem penyaluran bantuan yang terintegrasi dengan menggunakan sarana informasi teknologi (IT). 

"Dengan dukungan sistem BNI tersebut, bantuan sosial yang diterima masyarakat diperlakukan sebagai bantuan nontunai, dimana saldonya akan menjadi tabungan di BNI," kata dia. 

Kartu keluarga sejahtera, tambah dia, juga dapat difungsikan sebagai kartu debit yang dapat digunakan untuk bertransaksi di "Automatic Teller Machine" (ATM). Para agen penyalur bantuan juga menjalankan program laku pandai berupa pembukaan rekening, tarik tunai, hingga setor tunai.

Selain itu, juga melayani jasa layanan pembayaran, mulai pembayaran listrik, BPJS, telepon, hingga pembelian pulsa.

"Jadi Agen46 selain mampu menyalurkan bantuan mereka juga dapat keuntungan dari segi bisnis dengan menjalankan berbagai transaksi variatif yang bisa dilakukan," kata dia.

Didik Darwiko, salah satu Agen46 penyalur program Bansos Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, mengatakan keluarga penerima manfaat terbantu dengan kemudahan penyaluran program tersebut. 

"Sejak bergabung dengan BNI sebagai Agen46, pendapatan per bulan di toko saya menjadi bertambah karena transaksi yang dilayani semakin variatif dengan bonus yang menguntungkan," kata dia. (*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019